28 July 2005

Waktu bukan hanya Investasi Harta…

Entah kenapa, banyak malam dalam bulan ini saya nyaris tak bisa tidur nyenyak. Di otak saya menggelambir gepokan ide dan strategi yang tiba-tiba mencuat menjelang tidur. Terganggu? Ya, jelas! Karena jika saya memaksakan diri menutup mata, saya malah gelisah. Tapi jika saya coba membuka layar hp untuk mengetik ulang aliran ide di kepala, saya akan menghambat pembagian waktu kerja dan istirahat. Hasilnya justru pada pagi harinya saya akan kurang bersemangat beraktivitas.
Entah kenapa, banyak hari-hari saya disibukkan dengan bekerja. Saya bahkan tidak memiliki banyak waktu untuk sekedar berjalan-jalan sore. Sabtu bahkan minggu, saya memiliki kegiatan ini dan itu yang berkaitan dengan pekerjaan. Sekali lagi, pekerjaan!
Kemudian, akhirnya saya coba introspeksi diri. Mengapa hal ini terjadi. Setelah mengevaluasi terus menerus akhirnya saya dapatkan point penting. Saya terlalu pusing dengan “optimalisasi waktu.”
Ya, benar. Waktu memang berharga. Pengusaha sukses bilang “TIME IS MONEY” lalu saya bilang “WAKTU ADALAH INVESTASI HARTA” Harta disini bisa dalam cakupan seluas-luasnya.
Waktu menghadirkan investasi pembelajaran, investasi pengalaman, investasi ilmu, dan banyak investasi lainnya. Pemahaman itu membuat saya terus berpacu dengan detikan waktu, bahkan tak ingin kehilangan sedetikpun tanpa sebuah investasi. Ya, saya lupa bahwa saya juga adalah manusia yang bukan hanya bisa memikirkan keseriusan menata hidup dan menata masa depan, tapi saya juga manusia yang butuh penyeimbang dari sikap pekerja saya yaitu ‘hiburan’
Berbekal semua itulah, kini saya mulai menginvestasikan waktu hanya untuk bersenang-senang. Waktu bukan hanya investasi harta tapi juga investasi rasa bahagia.

No comments: