27 July 2016

Wiwin Pratiwanggini, Pebisnis MLM yang Melesat Berkat Semangat Belajar yang Hebat



“Setelah saya mengenal Indscript beberapa bulan terakhir ini, saya merasa menemukan tempat belajar yang pas. Mentor dan cara penyajian materi cocok dengan saya yang menyukai cara belajar step by step.  Sekarang cara Training Indscript saya terapkan saat mengajar downline saya.”

Demikian pengakuan Wiwin Pratiwanggini, seorang ibu rumah tangga yang berprofesi sebagai pekerja kantoran sekaligus pebisnis MLM Oriflame.

Berawal dari ajakan seorang teman Wiwin bergabung dengan Oriflame.  Wiwin memilih bisnis ini karena beliau anggap sesuai dengan kesibukan sebagai perempuan pekerja kantoran yang memiliki mobilitas sangat rendah.

Sama seperti kebanyakan ibu rumah tangga yang memulai bisnis dari nol, Wiwin memulai bisnis tanpa didasari ilmu bisnis sama sekali.  Beliau tidak pernah menerapkan target terlalu tinggi.  Bagi Wiwin selama sudah memenuhi target pribadi, yakni bisa menambah uang belanja sehari-hari saja sudah cukup.

Satu per satu e-book yang disiapkan oleh Oriflame dipelajari dengan seksama.  Ketekunan beliau membuahkan hasil, sedikit demi sedikit jaringan bisnis Wiwin mulai berkembang.  Wiwin mulai menikmati perjalanan bisnis MLMnya.  Menurut beliau, serunya memiliki bisnis salah satunya adalah bisa berkenalan dan bertemu banyak orang dengan berbagai karakter. Apalagi di bisnis MLM yang jelas-jelas memerlukan banyak interaksi dengan orang-orang baru untuk memperluas jaringan bisnis.

Keahlian Wiwin berkomunikasi ditambah dengan kemampuan menulis, dimanfaatkan perempuan yang berdomisili di Yogya ini untuk menjalankan bisnisnya.   Sebagian besar anggota grup Wiwin sekarang adalah perempuan-perempuan yang tertarik bergabung dengan beliau setelah membaca tulisan-tulisan yang diposting Wiwin di socmed.

Kepiawaian Wiwin membuat status di socmed, menulis di blog dan berpublic speaking memang merupakan kelebihan perempuan hebat ini.  Keahlian ini juga yang membuat Wiwin seringkali diminta mengisi training di grup-grup jaringan yang lain.

Mungkin Anda jadi bertanya-tanya.  Apakah bisnis MLM Wiwin berjalan sedemikian mulus tanpa halangan sama sekali?  Jawabannya : tentu saja tidak.  Setiap pebisnis sudah pasti akan melalui fase naik dan turun dalam perjalanan bisnisnya.  Demikian pula dengan Wiwin.  Ada saatnya Wiwin merasakan kegalauan luar biasa dengan kesibukan yang dirasa beliau itu-itu saja.  Tak jarang pula Wiwin merasa belum bisa memaksimalkan potensi dirinya.  Disinilah Wiwin mulai memiliki keinginan besar untuk  memperdalam ilmu bisnis dan mengupgrade kemampuan diri. 

Dari seorang teman Wiwin mengenal Indscript yang saat itu baru merelease Training on Demand.  Wiwin memutuskan untuk mengikuti 2 TOD dan beberapa training lainnya.  Awal mengikuti training Indscript beliau merasa kaget.  Biasanya training online yang beliau ikuti akan menyajikan materi tertulis yang cukup panjang.  Sementara di Indscript, materi tertulis yang diberikan sangat singkat namun padat.  Semua materi training menuntut praktik, praktik dan praktik. 
Menurut pengakuan Wiwin, di awal-awal training beliau masih enggan mempraktikan materi training yang diberikan.  Materi tertulis hanya dibaca selintas dan tak kunjung beliau praktikan.  Belum kelar satu training beliau malah ikut training yang lain. 

Sampai suatu ketika, waktu mengikuti sesi TOD beliau memutuskan untuk mulai konsisten mengerjakan tugas-tugas dari saya.  Satu persatu tugas beliau selesaikan dengan baik.  Setiap satu tugas selesai, langsung beliau minta saya untuk memberikan berbagai masukan.  Alhamdulillah, tidak seperti training-training sebelumnya, sesi-sesi TOD bisa beliau praktikan dengan sangat baik.

Dari hasil belajar dan praktik akhirnya Wiwin menemukan key point untuk menjaga agar jaringan bisnisnya  tetep solid, yakni harus mau memahami karakter tiap orang di dalam jaringan. Belajar empati adalah salah satu point penting yang selalu saya ingatkan pada perempuan pembelajar ini.  Buatlah grupmu selalu HAPPY pesan saya selalu.

Kini, dalam berbisnis, Wiwin selalu mengedepankan kebersamaan, semangat and passion dalam grup nya.  Kerjasama yang baik, saling menyemangati, dan bekerja dengan penuh gairah senantiasa selalu menjadi prioritas.

Ya, tak bisa dipungkiri dalam berbisnis MLM mutlak diperlukan seorang leader yang bisa menjaga hubungan baik dengan seluruh anggota jaringan.

Menurut Wiwin banyak hal didapatkan dari TOD sangat bermanfaat buat kemajuan bisnis dan juga perbaikan diri beliau secara pribadi, yang utama adalah sharing, learning dan networking. 
 
Semua pembelajaran yang beliau peroleh melalui TOD segera beliau bagikan ke seluruh jaringan bisnis.  Impian beliau adalah semua partner bisnis memiliki kemampuan bisnis yang sama hebatnya, sehingga jaringan bisnis menjadi semakin kuat dan solid.

Tak heran jika sekarang ini beliau berhasil menjadi Gold Director dan menjadi salah satu Top 15 Leaders di Oriflame Yogyakarta.   Alhamdulillah, telah lahir satu lagi pebisnis MLM yang berhasil melesat berkat semangat belajar yang hebat. 


No comments: