Bisnis Online Nggak Selalu Ngonline

Seorang bapak mengeluhkan anaknya nggak keurus sejak istrinya memutuskan jadi online shop
Seorang suami mengeluh kalau sejak istrinya berbisnis online, istrinya tak pernah lepas dari gadget
TAPI...
Istrinya berasumsi kalau dia nggak mantengin gadget maka pelanggannya bisa hilang
TERNYATA, ternyata yang dilakukan sang istri adalah menunggu ada yang chat, membalas semua chat secara fast respon, hingga lupa ada hal yang menunggu dia urus yaitu suami dan anak
Dengan dalih semua musti fast respon agar pelanggan happy_apalagi dia nggak punya asisten_maka dia harus melototin chat sepanjang waktu
Oh nooooooo!
Akhirnya saya menuliskan cerita ini di facebook bahwa berbisnis online tak harus mantengin handphone sepanjang waktu: tentukan saja KAPAN WAKTU FAST RESPON DAN SLOW RESPONNYA
Misal:
Fast respon jam 09.00-12.00
Slow respon di luar jam itu karena mengerjakan hal lain di luar bisnis
KECUALI kalau Anda sudah punya asisten online yang dibayar buat ngonline maka fast respon Anda ya sepanjang waktu kerja misal jam 08.00-17.00
WAKTU Fast respon, selain mengerjakan komunikasi dengan pelanggan juga sambil merawat social media yang ada, misal posting konten, dll
Emangnya pelanggan paham? edukasikan saja dengan baik. Waktu fast respon bisa didesain di canva.com dan dijadikan profil pic di whatsapp atau facebook Anda
Sewaktu slow respon dan ada chat belum terbalas, mulai dengan balasan manis: haiii cin, maafkan baru respon ya, maklum mamak-mamak. Oh ya, orderanmu aku proses sekarang yaaaa *manis kan?*
Kalau perlu pakai pesan otomatis yang manis saat Anda slow respon, misal: hai mak, aku lagi sibuk di dapur dulu yaaaak, ntar pas fast respon aku balas yaaa, pleaaaseeee, love you maaak
*ah yang baca juga malah happy meski dikau slow respon*
Kalau masalah saya BEDA lagi, saya punya waktu terbatas di social media dan saya posting banyak lalu lupa dan nggak alokasikan waktu buat reply-in orang hahaha # i did so many mistakes di facebook
Yes, dulu...
Waktu saya di facebook sangat sempit
Posting doang, tanpa interaksi #i did it mistake
Posting saya banyak lagi tapi nyaris jarang berinteraksi
Akhirnya.... saya kehilangan momen kedekatan dengan banyak sahabat baik di facebook #hiks
Saya slow respon di facebook!
Apakah ini karena saya merasa keenakan di whatsapp? mungkin iyaaa! Tapi bisa jadi karena saya pernah merasa "tak punya waktu merawat facebook ini* OMG, i did a lot of mistakes
PADAHAL, ini sebuah kesalahan besar
Ngapain posting banyak kalau nggak menjaga interaksinya? aaah inilah kesalahan saya! Tapi, kalau mau posting banyak dan bisa melakukan interaksi di semua status, ini sih bagus
TAPI SEKALI LAGI: KITA SEMUA BUTUH MANAJEMEN WAKTU
Maka inilah yang saya ajarkan pada PASUKAN 10 JUTA, pasukan penjualan saya di IBU, mereka harus punya manajemen waktu kapan slow dan fast respon wajib dimiliki
Agar...bisnis online tidak merenggut waktu untuk keluarga!
Dan saya pastikan mereka konsisten posting materi promo di dini hari seperti halnya mereka harus belajar bersama saya, dimulai dari dini hari!
BELAJAR
PROMO TERSELUBUNG
ACTION TERUS
Jam 5 kami turun ke dapur hahaha
Di BIMBINGAN OPTIMASI WHATSAPP juga akan mulai saya bimbing melakukan semua tugas di dini hari agar TAK ADA ALASAN TIDAK DIKERJAKAN kecuali ya malas bangun dini hari 😉
BOW oh BOW siap-siap peserta estafet belajar dengan saya selama 1 bulan full 🙂
Ekh ekh ada banyak hadiah di pendaftaran early bird BOW termasuk AGENDA RESELLER MARKETER yang dasyaaat banget buat kalian, masya Allah, tancaaaaa0s

No comments:

Post a Comment

Adbox