Satu Sendok Gula Tak Membuatmu Gendut

Setiap bertemu dengan orang, mereka selalu bertanya, "kok bisa jadi kurusan?"
Apalagi kalau kami makan bersama, pertanyaan dilanjutkan, "kok bisa kurusan padahal nggak ada makanan yang dipantang?"
Saya percaya bahwa tak ada makanan yang tidak sehat kecuali dikonsumsi berlebihan
Saya juga percaya kalau bukan makanan yang bikin kita membesar tapi karena pola mengonsumsinya yang selalu dalam takaran besar
Saya makan nasi
Saya masih memasukkan gula dalam minuman
Saya kadang makan gorengan
Saya jajan juga
Saya ngemil kue tart
Makanan yang saya makan selalu jadi pantangan jika ingin menguruskan badan
Saya tak mau turun berat badan dengan menyiksa diri maka saya tetap makan apapun yang saya suka tapi dengan catatan: tidak berlebihan
Makan nasi nggak usah sepiring full
Gula nggak perlu bersendok-sendok
Gorengan cukup satu
Kue tart nggak perlu seporsi besar haha
Makan saja, jangan siksa dengan banyak pantangan, tugas saya hanya memastikan tak berlebihan saja
Lalu konsep saya menurunkan berat badan lebih pada mengubah hidup menjadi lebih sehat
Jangan kebanyakan pewe alias posisi wenak alias lebih banyak duduk, tiduran, atau mager
Saya memperbanyak gerak
Beresin dapur
Beresin teras
Beresin buku
Terutama *me time* dengan ngedance atau jalan kaki 30 menit
Meski turun berat badan adalah bonus dari mengubah pola hidup tetap saya memiliki target
Foto kiri: usia saya 24 tahun, berat sekitar 56 kilo
Foto kanan: usia saya 39 tahun, berat badan 75 kilo
Tapi menurut saya sih, usia 39 tahun ini saya lebih mengerti pentingnya olahraga dan menjadikan olahraga sebagai life style sehingga terasa lebih segar sekarang
Perbedaan berat sekitar 19 kilo di umur 24 dan 39 tak begitu kentara sebab dengan olahraga massa otot menjadi lebih kencang
Sekarang berapa berat saya? Sudah nyaris 70 kilo dengan pola makan dan olahraga yang semakin terasa nikmat dilakukan
Jadi pesan saya: satu sendok gula takkan membuat tubuhmu menggendut apalagi jika keringatmu bercucuran saat berolahraga heheheh
Pengalaman saya menurunkan berat badan dengan mengubah pola hidup lebih sehat, alhamdulillah sudah dijadikan workbook Diet itu Simple
Semoga menjadi sejarah baik yang bisa ditularkan, aamiin
Oh ya, maaf, saya bukan ahli gizi, bukan ahli diet, apa yang saya sampaikan murni pengalaman semata saja...
Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment