KAPAN WAKTUNYA ANAK BELAJAR DISIPLIN?



Sekarang juga!
Kalau ada bisikan begini dalam hati segera dibuang saja
*Ah masih anak-anak ini, kalau udah besar bakalan ngerti sendiri* #buang
*Kasihan kalau terlalu tegas, masih anak-anak* #lebih kasihan kalau sudah besar dan mereka nggak disiplin, hiks
*Biarinlah masih kecil ini* #kalau dibiarkan jadi kebiasaan, Mak, hiks
Apa yang saya mau ceritakan disini adalah pengalaman saya waktu kecil
Kebiasaan saya mencatat segala hal sejak kecil membuat saya terbiasa mencatat hingga kini
Saya suka curhat di diary #catat
Saya punya jadwal kegiatan harian sejak kelas 2 SD #kebawa hingga sekarang
Saya suka catat mau melakukan apa #kebawa ampe sekarang
Saya mencatat semua hal dan semua hal saya catat hingga kini
Maka muncullah agenda, workbook, hingga to do list book yang nggak jauh dari kegiatan catat mencatat
Disiplin sejak kecil itu berat 
Tapi, kalau tidak dibiasakan saya yakin saya mungkin tidak akan ada di posisi sekarang
Saat yang lain main, saya lebih senang beres-beres rumah
Saat yang lain leyeh-leyeh, saya habiskan waktu membaca
Saat yang lain begadang, saya sudah nyenyak tidur
Mendisiplinkan diri dengan manajemen waktu
Mendisiplinkan diri dengan apa yang sudah dilist untuk dilakukan
Dan kegiatan disiplin saya terapkan pada anak-anak sejak dini
Jam berapa mereka tidur
Jam berapa mereka bangun
Apa kewajiban mereka di rumah
Hingga peraturan yang awalnya *oh pasti* tidak mudah diterapkan, namun akhirnya menjadi kebiasaan
Mereka kini paham jam-jam penting yang harus dipatuhi dan melaksanakannya karena kebutuhan bukan lagi kewajiban
Mereka bahkan menuliskan wish list
Menuliskan mimpi
Menuliskan keinginan
Menuliskan cerita
Menuliskan tentang dirinya secara positif
Dari sekarang saja ajarkan anak disiplin
Jangan tunggu nanti 
Jangan tunggu dia besar
Ajarkan
Biasakan
dan akan jadi kebutuhan
Disiplin akhirnya adalah PEMBIASAAN tidak muncul begitu saja
Prosesnya berat, tapi harus dilakukan
Sudahkah Anda memiliki kebiasaan disiplin yang siap diturunkan pada anak-anak Anda?
Btw, ini buku saya mencatat apa saja yang harus saya kerjakan, lakukan, dan patuhi dalam jangka pendek, menengah, hingga panjang
Ada lagi pertanyaan saya untukmu, Mak. Eheeem, kapan dirimu mulai disiplin? Hehehe

No comments:

Post a Comment