Kue Kering Akankah Nangkring di Bakulan?



Kue ini bikinan sahabat saya, sesama alumni Wanita Wirausaha Femina
Dimana kami kenalan? Bukan di acara Femina tapi di komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis
Katanya, "gue penasaran ama elu yang tiap hari ngeblast tips nulis, pengen gue block aja, abis menuhin inbox gue."
Lalu? "Begitu gue kontak elu, ekh kok nyambung ngobrolnya dan gue jadi tahu kenapa lu itu suka ngeblast, elu mah emang suka sharing pisaaaaan, cerewet abis. Ngeblast bagian kecerewetan"
Kegiatan blast saya lakukan sejak facebook masih konsep blast all member kalau mau share something dan hingga sekarang masih aja suka ngeblast
Berapa jumlah sahabat saya dari blast? Buanyaaaak
Beberapa klien besar pun saya dapat dari blast-an meski dulu saya nggak kenal email marketing, saya suka melakukan spamming di email dengan cc dan bcc-nya wkwkwk
Diblock? Ada
Dimarahin? Suka
Tapi saya tetap melakukannya hingga sekarang sebab jauh lebih banyak positif yang saya dapatkan daripada negatifnya
Yang ngeblock dan ngemarahin belum punya konsep ngeblast asyik, sebab seasyik apapun kontennya pasti ngerasa terganggu
Ya tak apa, kita nggak sama cara pandangnya, saya mah bahkan diBc iklan saja suka nyaut dan say thanks sama yang BC 
xoxoxo
Btw, persahabatan saya dengan si tukang kue yang bisnisnya raksasa ini dengan jumlah pegawai hampir 1.000an ini sampai sekarang masih terjaga dan kami pun saling menjaga bisnis kami, sering sharing, sering saling berkunjung: semua berawal dari BROADCAST!


Beberapa tahun lalu, saya pernah berbisnis kue kering, cuman ramadhan doang jualannya
Laris manis hingga diliput Nova 
Saya jalankan hingga tiga tahunan
Tiba-tiba tadi ipar saya 
Wina Irnawati ingetin saya: "Teh, ada Bakulan sekarang, ada Miss Bakulan juga yang ngurus, kenapa nggak dijualin lagi kue lebaranan?"

Saya sedang mengamati team saya: Miss Bakulan
Energik banget!
Sering sharing tanpa henti!
Dan yang jelas saya merasa dengan adanya Miss Bakulan jadi mudah banget menjalankan bisnis PALUGADA di BAKULAN
Bahkan saya tidak ada di grup Bakulan, Miss Bakulan sigap memberikan materi-materi training singkat buat anggota Bakulan
Saya kemudian melihatnya seperti ini:
1. Penting banget memiliki icon yang berkarakter dalam sebuah bisnis yang dijalankan apalagi kalau dia akan ada di garda depan
2. Penting banget memiliki standar kerja bagi team kita
3. Penting sekali membuat SOP dan KPI team inti kita
Hari ini aja, Miss Bakulan sudah submit satu materi training buat anggota Bakulan tentang hukum dropshipper
Saya beneran ngerasa gimana gitu, thanks ya, Miss...

Haruskah Miss Bakulan jualan kue? Melewati 5 tahun pertama bisnis itu nggak mudah
Butuh kerja keras plus cerdas
Butuh mental sekeras baja tapi hati selembut es krim vanila 
#ekh
Selamat melewati 5 tahun pertamamu, cintakuuu
InsyaAllah mampu melewati 5 tahun keduamu, aamiin

No comments:

Post a Comment