Jangan Bergantung Pada Manusia, Nit


Jangan Bergantung Pada Manusia, Nit

Hari ini saya mendapati Nanit terlihat sangat sedih, ketika saya tanya kenapa, beliau hanya mengatakan: "Nanti kalau ngobrol sama Bunda, Bunda selalu bilang, ayo perbaiki diri"

Saya tersenyum mendengarnya, konsep selalu memperbaiki diri memang sedang saya tekankan pada anak-anak bahwa ketika terjadi sesuatu pada mereka sebelum mereka menyalahkan teman-temannya maka yang harus dilakukan adalah mereka mengintrospeksi diri

Setelah saya bujuk akhirnya Nanit bercerita bahwa hari ini beliau sangat sedih karena merasa dijauhi oleh teman-temannya walaupun hanya karena kesalahan kecil atau kesalahan yang tidak dia buat

Saya tersenyum dan mengatakan bahwa dalam sebuah pergaulan tidak akan semua orang menyukai kita, seperti halnya tidak akan semua orang tidak menyukai kita, maka yang harus dilakukan oleh seorang manusia adalah beradaptasi di segala kondisi

Satu hal yang harus Nanit pegang adalah bahwa dia tidak boleh bergantung pada manusia, dia hanya bergantung pada Allah saja ketika ada orang menjauhi maka itu lebih baik dibandingkan dijauhi oleh Allah. Konsep memperbaiki diri pun harus terus Nanit lakukan setiap saat... 

Allah adalah sandaran manusia, itu sebabnya manusia tidak boleh bersandar pada manusia manusia bersandar pada manusia maka yang datang adalah kecewa tempat kita bersandar tidak sesuai dengan yang kita harapkan

Saya dengan Nanit hampir menyerupai obrolan orang dewasa, tangisannya pelan-pelan meredup dan saya memeluknya erat, lalu kami membuat komitmen bersama: JIKA tidak ada seorangpun yang akan berteman dengan Nanit, Bunda tetap sahabat terbaik Nanit, dan kami membuat komitmen untuk lebih rajin bermain bersama

Saya sebagai orang tua tidak bersikap reactive untuk setiap pengaduan seorang anak, yang harus saya tekankan pada setiap pengaduan anak adalah perubahan ke arah lebih baik

Mereka harus mengetahui bahwa dunia tidak akan selalu seperti yang mereka harapkan dan pada saat dunia tidak seperti yang mereka harapkan mereka sudah lebih kuat mental menghadapinya

Dear Nanit, bertumbuhlah menjadi perempuan sholehah, pengubah keadaan, dan penggerak ke arah kebaikan



No comments:

Post a Comment