MENGUBAH MAKANAN SEHAT MENJADI LEBIH ENAK

1:05 PM

-
-
Sekarang semua orang berusaha mengikuti tren atau gaya hidup yang berkembang sesuai dengan kemajuan zaman. Jadi tidak melulu fashion yang menjadi tren. Menjadi sehat dengan berbagai cara sudah menjadi tren yang menjadi kegemaran banyak orang.

Misalnya menjadi bagian dari FOOD COMBINING (FC). Konsep FC ini MENGKOMBINASIKAN MAKANAN YANG BISA DIMAKAN SECARA BERSAMAAN DAN MAKANAN YANG TIDAK BOLEH DIMAKAN SECARA BERSAMAAN.

Tujuannya yaitu memaksimalkan proses pencernaan sehingga nantinya tidak akan menjadi LIMBAH DALAM METABOLISME. Sebab, limbah inilah yang nantinya akan menjadi cikal bakal penyakit, dikarenakan adanya penimbunan limbah tersebut.

Menurut ahli gizi, bahwa ada 5 unsur yang harus terkandung dalam makanan yakni: pati, gula, lemak, protein dan asam. Nah dalam FC, tinggal dikombinasikan antara unsur diatas. Misalnya: protein dan pati serta lemak, pati dan lemak, lemak dan asam, gula dan asam dan kombinasi protein nabati.
Jadi kesimpulan sederhananya ialah, mulai mengombinasikan jenis makanan yang kita santap serta memperhatikan kebutuhan asupan sehat untuk tubuh. Tidak asal makan. Sebisa mungkin diusahakan memakan MAKANAN YANG SEHAT DAN ENAK.

Dalam sebuah kesempatan saya dikunjungi oleh Ibu Dini Kasto. Beliau adalah seorang penggiat makanan sehat. Mengkomsumsi makanan sehat dan enak ini berawal ketika beliau  pernah di diagnosa oleh dokter mengidap beberapa penyakit berat seperti premenopouse, gagal pankreas dan osteoporosis.

Menyikapi diagnosa dokter tersebut, Bu Dini mengubah gaya hidupnya terutama terhadap makanan. Namun mindset beliau tetap ingin MENGEDEPANKAN RASA YANG ENAK TAPI SEHAT. Makanya beliau menghindari makanan yang mengandung komposisi terdiri dari bahan tepung terigu. Beliau tidak hanya memberikan nasehat saja, namun langsung mempraktekkan kepada Saya dan mengajarkan untuk membuat menu-menu makanan sehat, enak dan mudah cara membuatnya.

Berikut ini linknya ketika Saya dan Bu Dini live streaming di facebook.
http://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1581985045249494&id=100003140406781

Berikut ini 2 macam menu sederhana yang dapat Anda coba sebagai pengganti MENU SARAPAN sehari-hari.

Menu 1 : BUAH PEPAYA DENGAN KUCURAN LEMON

Kenapa sarapan harus memilih dengan buah pepaya? Alasan sederhananya adalah, konon menurut ahli gizi buah pepaya adalah buah yang SANGAT DISARANKAN UNTUK DIKONSUMSI OLEH SEGALA USIA, dan sangat baik untuk lambung kita ketika dikonsumsi pagi hari. Sementara lemon atau jeruk nipis adalah menu utama dalam FC dengan sebutan populer JENIPER (jeruk nipis).

Cara membuatnya sangat mudah:
Ambil buah pepaya matang, kupas lalu potong sesuai selera. Letakkan di wadah, lalu kucurkan perasan lemon, aduk. Bila tidak tersedia lemon, boleh diganti dengan perasan jeruk nipis.
Kombinasi rasa manisnya pepaya dan asamnya lemon/jeruk nipis ketika disantap sebagai menu sarapan sangat segar. Rasa kenyang yang dihasilkan di perut kita, pas. Tidak berlebihan. Mungkin hampir mirip dengan DIET KENYANG-NYA DEWI HUGGES, yang memiliki konsep HANYA MEMAKAN MAKANAN YANG TERKENA SINAR MATAHARI.

Buah-buahan adalah makanan yang dalam prosesnya membutuhkan sinar matahari. Lagi pula Saya, mempunyai goals jangka panjang untuk menurunkan berat badan sekitar 20 kilogram. Rasanya sangat masuk akal bila mengkomsumsi buah SETIAP HARI hari dengan tren Food Combining ini, akan sangat membantu. 

Menu 2 : CAMILAN SEHAT KUE ALPUKAT BERSANDING DENGAN KACANG MEDE.

Mungkin masih asing di telinga kita bahwa buah alpukat bisa diolah menjadi menu camilan semacam kue. Berkat inovasi resep dari Bu Dini Kasto, yang kami praktekkan dan siarkan  secara live di Facebook, maka semuanya ternyata sangat mungkin.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
-Buah alpukat, di aduk sampai halus dengan sedikit air menggunakan blender. Sisihkan disebuah wadah.
-Lalu kacang mede disangrai terlebih dahulu sampai warnanya kecoklatan.
-Jeruk nipis
-Kelapa parut (pilih kelapa yang sedang saja)
-Madu/kurma
-Tepung kelapa

Cara membuatnya:
Campurkan buah alpukat yang sudah di aduk tadi dengan kacang mede, aduk jadi satu. Lalu berikan perasan jeruk nipis sedikit. masukkan kelapa parut. Aduk sampai kental. Jika kurang kental, tambahkan lagi parutan kelapa. Bagi Anda yang suka manis bisa menambahkan madu atau kurma, jangan gula pasir. Sebab, bagi tubuh gula pasir itu bukan sahabat baik. Tidak ada gaya diet apapun yang menyarankan gula pasir ke dalam menu makanan.

Nanti adonannya dimasukkan ke freezer. Tambahkan santan bubuk satu sachet dalam adonan tadi. Sebenarnya yang dianjurkan tepung kelapa, namun boleh diganti dengan santan bubuk bila Anda tidak menemukannya. Adonan ini sudah jadi. Anda bisa memasaknya dengan cara di bakar di oven. Namun menurut Bu Dini lebih enak di bekukan dalam freezer.

Kue dengan bahan alpukat ini sangat baik dijadikan camilan untuk keluarga Anda dirumah. Sekedar informasi, bahwa alpukat memiliki kadar protein yang tinggi. Itulah sebabnya bahkan ibu hamil sangat dianjurkan mengkonsumsi alpukat karena juga mengandung asam folat yang baik untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Nah, selamat mencoba mengikuti mengikuti gaya hidup sehat lengkap dengan menu yang dengan mudah Anda lakukan di rumah.

Karena sehat itu mahal, ketika kelak Anda menyadari bahwa sakit itu mudah.


You Might Also Like

0 komentar