26 August 2016

Tiga Bulan Nulis 1 Buku? Apa Bisaaaaaa?



“Tahun 2006, saya dibikinkan akun facebook oleh suami. Mulai deh, saya browsing cari-cari grup nulis. Akhirnya, saya ketemu IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis). Saya rajin mantengin grup.  Selain itu, saya juga sering ikut training-training nulis yang diadakan Teh Indari. Dulu ada Kelas Artikel, Kelas Proposal Bisnis dan Kelas Review Produk.  Suatu hari saya baca postingan Teh Indari tentang Sekolah Perempuan. Saya tertarik ikut setelah membaca tagline-nya "3 bulan nulis 1 buku.  Mmm…ternyata untuk menulis 1 buku, saya harus membaca minimal 5 buku dengan tema yang sama. Agar mengetahui hal apa, yang belum dibahas oleh buku yang sudah ada. Kemudian ada juga yang harus browsing di google, dari seminar, workshop dan wawancara ke beberapa narasumber, Alhamdulillah, buku pertama saya pun terbit.”

Demikian kata Enni Kurniasih, salah seorang alumni Sekolah Perempuan Angkatan Pertama pada sesi berbagi pengalaman menulis di komunitas Emak Pintar.

Tiga bulan apa bisa?  Banyak di antara perempuan yang saya temui menyangsikannya.  Saya jawab BISA.   Eni salah satunya, dan masih banyak Eni Eni yang lain.  Karena di Sekolah Perempuan, mentor akan mengajak peserta menulis buku sesuai dengan apa yang paling peserta kuasai dan sukai dan yang paling memungkinkan ditulis sedikit demi sedikit setiap hari.  

Tapiiii….tentu saja ada proses yang harus dijalani, seperti yang Eni ungkapkan di awal tulisan saya tadi.   Ada tahapan-tahapan yang harus dijalani serta ada tugas-tugas yang harus dikerjakan sesuai materi yang diberikan dalam kurun waktu 3 bulan.  Proses menjalani tahapan-tahapan inilah yang tentu kembali pada masing-masing peserta.

Nah, buat Anda yang penasaran, materi apa saja sih yang diberikan Sekolah Perempuan dalam waktu tiga bulan? Silahkan simak yang berikut ini :
1. Siap Jadi Penulis (Komitmen dan Manajemen Waktu)
2. Ide Kreatif: Sumber dan Memilahnya
3. Membuat Outline Naskah Buku
4. Riset dan Hak Cipta
5. Membuat Kalimat dan Paragraf
6. Branding dan Media Sosial
7. Proposal dan Pasar Buku
8. Penerbitan dan Promosi Buku
Plus materi-materi bonus yang berkaitan dengan kepenulisan dan penerbitan.

Lengkap bukan?  Sekolah Perempuan memang membukakan banyak peluang dan fasilitas selama 3 bulan penuh bagi semua peserta. Namun, mau dimanfaatkan atau tidak, peluang dan fasilitas ini, kembali pada masing-masing peserta.

Jadi, sudah siapkah Anda menghasilkan buku pertama? Yuk, bergabung dengan Sekolah Perempuan.

No comments: