24 August 2016

Setiap Perempuan Bukanlah Superwoman



"Teh, bagaimana mengatur waktunya?" seseorang penasaran dan akhirnya datang ke rumah.
Dia lihat saya santai di rumah dan kami asyik mengobrol...
Dan akhirnya, dia MEMFOTO Daily Activities saya :)

Sebagai ibu rumah tangga, seringkali kesibukan baru-kesibukan baru mengharuskan, saya MEREPLANNING DAILY ACTIVITY.   JADWAL PENDAMPINGAN PESERTA RB, 9 to 9, PSC, TOD mulai tanggal 21 Agustus 2016 akan meniadakan jadwal pemberian materi dan pendampingan di hari SABTU dan MINGGU.  Adapun JADWAL HARIAN PENDAMPINGAN Jam 05.00 - 09.00: Pemberian Materi, lalu Jam selanjutnya: DISKUSI
Jam 20.00: SETORAN TUGAS HARIAN.

Mmm…manajemen waktu memang penting untuk kita yang IRT sekaligus pebisnis, kalau tidak ada manajemen waktu bisa GALAUlah kita semua.

Begitu banyak perempuan yang semangat untuk mendorong dirinya sendiri untuk terus berprestasi dan berkarya walau kesulitan satu perempuan tentu tidaklah sama dengan perempuan lainnya: Memulai bisnis dengan modal minim, masih memiliki anak balita, tidak memiliki asisten rumah tangga, tidak memiliki orang tua yang bisa dititipi anak-anak pada saat kita bekerja di luar rumah, sulit berbagi tugas dengan suami karena suami bekerja di lain kota, hingga pekerjaan rumah yang seolah tidak ada habis-habisnya. Perempuan-perempuan inilah yang memiliki mimpi yang luar biasa dan siap bermetamorfosa menjadi perempuan "multitasking" yang bukan hanya memberi kebanggaan pada keluarga tapi kepuasan pada dirinya sendiri. 

“Ya, kamu mah enak, saat di kantor anak-anak sama kakek neneknya, punya ART pula lagi”

“Anak saya nggak bisa ditinggal, selalu harus berkegiatan didampingi saya, mana nggak punya ART.”

“Tapi kan, biarpun pagi sampai sore anak-anak dititip orang tua, malam sepulang kantor anak-anak sama saya, padahal malam saya masih harus menyelesaikan tugas kantor.”

 “Ya tetap saja enak kalau seharian anak-anak dititip sama orang tua, kan kalau malam tinggal tidur.”

Mmm…demikian diskusi panjang yang sering terjadi di antara para perempuan kalau sudah membicarakan mengenai manajemen waktu.  Semua merasa paling GALAU. Semua merasa paling kurang waktu.

Ya, kondisi tiap perempuan memang berbeda-beda.  Menjadi multitasking bukanlah persoalan mudah karena harus kita pahami bahwa setiap perempuan bukanlah superwoman. Salah satu yang harus dikelola dalam hal ini adalah bagaimana perempuan bisa meMANAJEMENI WAKTUnya setiap hari.  Cara meMANAJEMENI waktu perempuan yang satu tidak bisa disamakan dengan perempuan yang lain.  Namun kuncinya tetap sama : KOMITMEN dengan waktu.  Komitmen untuk disiplin dengan jadwal kegiatan harian yang sudah kita tentukan.  Komitmen untuk terus konsisten menjalankan semua yang sudah kita tetapkan.

Bagi saya dan juga Ibu Rumah Tangga yang lain, manajemen waktu adalah salah satu cara bisa melakukan banyak hal dalam keseharian.  Jika waktu kita tidak dimanajemeni, dengan baik, semua yang kita anggap prioritas akhirnya akan lepas begitu saja karena bingung mau  mengerjakan yang mana dulu.

Perlu pembiasaan untuk bisa disiplin dan komitmen pada manajemen waktu ini.  Awalnya mungkin akan terasa berat, apalagi dengan adanya kesibukan-kesibukan baru yang mau tak mau membuat kita harus menggeser jadwal ini dan itu, mengubah prioritas ini dan itu.  Sulit, tapi PASTI BISA!

Semoga kita bisa saling menguatkan untuk tetap menjalankan bisnis sambil gugulingan main sama anak ya!

No comments: