16 August 2016

Fokuslah Memperbaiki Target Pasar!



Seperti biasa setiap pagi saya menyapa para peserta pendampingan bisnis di Grup serta berdiskusi dengan mereka.  Menarik sekali diskusi di Grup Peserta Pendampingan Bisnis hari ini.

“Kalau biaya promosi gimana sih membebankannya? Atau nggak usah dibebankan per produk?”
Tanya seorang peserta.

Jawaban saya, “Biaya promosi bisa diambil dari target omzet yang ingin dicapai, 2% dari 50 juta misalnya.  Dibebankan pada produk juga bisa.”

Seorang peserta yang lain menimpali.
“Dari kelas Reparasi Bisnis saya dapat pencerahan langkah-langkah yang harus saya ambil.  Biaya yang dibebankan ke usaha itu selain gaji, ada sewa/penyusutan bangunan, penyusutan peralatan promosi, listrik, admin, transportasi, pulsa, insetif karyawan, maintenance gudang dan lain-lain.  Strategi yang terpenting adalah memisahkan mana yang fixed cost dan mana yang variable cost, karena yang membuat harga jadi mahal itu kalau fixed costnya terlalu besar. Bagaimana membuat pos-pos anggaran, membagi-bagi laba usaha agar uang bisnis tidak tercampur dengan uang pribadi, itu sangat penting diperhatikan. Tantangan terbesar juga harus mengejar pasar lebih luas supaya tujuan dapat tercapai.”

“Loh kalau semua cost dimasukkan akibatnya biaya produksi jadi besar dong?”
“Bagaimana kita menjual produk yang sama dengan harga yang lebih mahal dari kompetitor?”
Demikian pertanyaan-pertanyaan yang kemudian muncul.

Hmm…masalah biaya produksi dan penentuan harga selalu menjadi bahan diskusi yang hangat ya.

Jangan takut menjual barang dengan harga yang lebih mahal dari competitor.  Saya termasuk paling sulit ‘jual murah’ tapi paling royal menaikkan fasilitas pelayanan. Langkah yang harus Anda ambil adalah, kenalilah konsumen Anda.  Cari tahu apa kebutuhannya.  Berikan solusi atas kebutuhan konsumen Anda.  Setelah itu pahami apa saja yang diharapkan konsumen dari yang Anda tawarkan.   Harga tak akan menjadi masalah selama target pasar kita sudah tepat.  Transfer manfaat-manfaat positif dari produk Anda kepada mereka.  Pasar menuntut kita selalu menyediakan sesuatu yang melebihi ekspektasi, selalu berusaha menyediakan sesuatu yang tidak dimiliki oleh competitor.  Bisa bertentuk fasilitas atau apapun yang dianggap bernilai lebih. 

Jangan pernah ikut banting-bantingan harga kalau bisnis Anda mau jangka panjang! Turunnya harga malah berdampak buruk di pasar dan membahayakan bisnis Anda, menaikkan fasilitas akan menaikkan LOYALITAS klien.  Sebaiknya Anda fokus memperbaiki target pasar terlebih dahulu.
Bagaimana, Anda siap?

No comments: