20 July 2016

Mereplanning Daily Activity

Beberapa hari ini mengantar si bungsu sekolah di TK, menunggunya hingga keluar kelas.
Sepanjang perjalanan kami mengobrol banyak dan pada suatu siang Ammar berkata:
"Bunda tahu nggak kalau Bunda punya dua anak pintar?" tanya dia.
Saya, melongo sebentar, "Waaah tahu doooong. Memangnya teteh dan Ammar pintar ya?"
Ammar, "Tentu saja, awalnya teteh yang pintar, lalu aku adiknya mengikuti teteh. Kan kakak adik saling mengikuti." Sahutnya.
Saya tersenyum geli.
Lalu, "Bunda juga masakannya enak loh.."
Saya, "Wah makasiiiih..."
Kayaknya sih hubungan antara pintar dan masakan itu nggak ada, tapi apapun yang dia bicarakan saya dengarkan dengan serius.

Ada kenikmatan tersendiri bagi seorang ibu untuk selalu bisa mendampingi anak dalam keseharian, mendengarkan dan menanggapi setiap celotehan cerdas dari mulut mungil putra putri kita.
Termasuk bisa mendampingi anak pertama kali masuk sekolah, tentunya merupakan kebahagiaan tak terhingga yang saya rasakan sejak awal minggu ini dan saya yakin Anda juga rasakan.
Kebahagiaan diantara kehebohan.

Ya, Anak masuk sekolah memiliki kehebohan sendiri. Dua anak saya masuk sekolah. Satu masuk kelas 3 SD dan satunya masuk TK. Menginduk pada kesibukan baru, saya akhirnya MEREPLANNING DAILY ACTIVITY. Biasanya jam 5 subuh sudah sibuk dengan pendampingan, sekarang saya geser ke jam 10.30 agar saya bisa tetap mengawal anak saya di sekolah.
Mmm…manajemen waktu memang penting untuk kita yang IRT sekaligus pebisnis, kalau tidak ada manajemen waktu bisa GALAUlah kita semua.

Bagi saya dan juga Ibu Rumah Tangga yang lain, manajemen waktu adalah salah satu cara bisa melakukan banyak hal dalam keseharian.  Jika waktu kita tidak dimanajemeni, dengan baik, semua yang kita anggap prioritas akhirnya akan lepas begitu saja karena bingung mau  mengerjakan yang mana dulu.

Perlu pembiasaan untuk bisa disiplin dan konsisten pada manajemen waktu ini.  Awalnya mungkin akan terasa berat, apalagi dengan adanya kesibukan-kesibukan baru yang mau tak mau membuat kita harus menggeser jadwal ini dan itu, mengubah prioritas ini dan itu. Tapi mari kita belajar, belajar terus dan setiap hari harus lebih baik.  Kita replanning daily activity dan capai target kita masing-masing untuk hasil yang lebih baik.  

Nah, ibu-ibu selamat mendampingi si kecil bersekolah dan juga mereplanning manajemen waktu Anda.

No comments: