19 July 2016

Langkah Sederhana Untuk Menjadi Pebisnis Pemula yang Berkualitas



Halangan dan rintangan dalam bisnis yang baru dimulai bukan hanya datang sesekali, tapi seringkali terjadi.  Maka dalam komunitas-komunitas yang saya asuh saya mengajak para ibu rumah tangga yang ingin memulai bisnis tidak sekedar menjadi pebisnis, melainkan jadi pebisnis pemula yang berkualitas.  Pertarungan dalam bisnis lebih dari sekedar menghitung modal rupiah.   Mencoba, mencoba, belajar, belajar, melakukan dan melakukan adalah sesuatu yang wajib dalam bisnis.  Saya mengajak para perempuan bebisnis untuk selalu membuat pembaharuan.  Mengenai berhasil atau tidak, saya lebih menghargai proses yang dilakukan dalam mencapai tujuan tersebut. Yang penting kita harus mencoba.  Kita tidak akan pernah tahu berhasil atau gagal kalau tidak mencoba sebelumnya.  

Mulailah pembaharuan yang Anda lakukan dengan melakukan langkah-langkah yang paling sederhana.  Kalau berhasil maka duplikasilah langkah sederhana tersebut menjadi lebih besar, hingga akhirnya kita punya 1001 langkah baru untuk berhasil.

Berikut adalah langkah-langkah sederhana yang harus dilakukan seorang pebisnis pemula untuk menjadi pebisnis yang handal yang saya sharing pada acara Kopdar Emak Pintar di Madiun tanggal 15 Juli 2016 yang lalu.

Pertama, Punya agenda untuk mencatat segala macam aktivitas yang dikerjakan dan juga apa saja yang akan dilakukan.  Banyak perempuan pebisnis merasa kekurangan waktu hanya karena tidak tahu apa yang harus dikerjakan sehingga mereka hanya sibuk dengan satu pekerjaan yang berulang-ulang.

Kedua, Rajin mencatat, bawalah buku catatan kecil kemana saja Anda pergi untuk mencatat segala macam ide yang muncul tiba-tiba, karena daya ingat manusia sangatlah terbatas. Ide bisa datang kapan saja dan dimana saja, jika ide itu tidak tercatat maka ide akan menguap entah kemana.

Ketiga, Miliki catatan keuangan/laporan keuangan dan pisahkan keuangan pribadi dan perusahaan.  Bagi seorang pebisnis, catatan keuangan yang lengkap akan membantu mengontrol jalannya perusahaan.  Gaji diri Anda sendiri dari perusahaan semampu perusahaan, jangan membebani keuangan perusahaan hanya karena anda menginginkan gaji besar, karena kalau itu Anda lakukan maka Anda akan menghambat perkembangan usaha Anda sendiri.

Nah, Sudahkah ketiga hal tersebut Anda lakukan? Jika sudah, sekarang catatlah 10 kegiatan sehari-hari yang Anda lakukan untuk keberhasilan bisnis Anda.  Semakin cepat Anda menjawab maka semakin Anda paham dengan bisnis yang sedang anda jalani.

Bagaimana? Sulitkah? Jika Anda masih merasa sulit, itu artinya Anda masih membutuhkan banyak belajar setiap saat untuk lebih memahami bisnis yang sedang Anda jalani.  Semakin kuat kemauan Anda untuk belajar dan mencari ilmu, maka akan semakin kuat dan hebat Anda dalam menghadapi berbagai situasi.  Yuk belajar lagi.

No comments: