28 June 2016

Terbitkan Buku Melalui BitRead



Di acara buka bersama sekaligus launching emakpintar.asia, yang dilaksanakan pada hari Jum'at, 17 Juni 2016 di Indscript para perempuan anggota Emak Pintar mendapat bocoran bagaimana sistem menerbitkan buku melalui BitRead. Selain itu mereka juga mendapat kabar bahagia, ternyata kalau sudah menerbitkan buku di BitRead dan penjualannya bagus, naskah tersebut bisa diajukan ke penerbit mayor untuk diterbitkan disana. Waah, keren banget ya.
Ingin tahu hasil selengkapnya dari sharing session Emak Pintar dengan Anita dari Bitread?
Simak yang berikut ini ya.
Apa syarat penulis buku BitRead?
Terbuka bagi semua penulis, tidak ada batasan usia, jenis kelamin, pendidikan , maupun latar belakang penulis.
Apakah buku yang diterbitkan oleh BitRead memiliki genre tertentu?
Semua buku dapat diterbitkan, namun untuk memudahkan identifikasi buku dibuat dua pengelompokkan, yakni fiksi, contohnya novel, cerita remaja, sastra, pusi, scifi, dan lain sebagainya, serta non fiksi yakni tutorial, gaya hidup, sosial, budaya, politik opini, catatan blog, komunikasi, teknologi dan lain sebagainya.
Apa saja syarat naskah yang harus dipenuhi?
Pertama, tentu saja, naskah harus hasil karya sendiri, bukan merupakan plagiasi dari penulis lain.  Kalaupun ada sumber pengutipan, penulisan dari naskah atau buku lain, harus disertakan dalam daftar pustaka atau referensi.
Kedua, naskah diketik dalam Microsoft Word dengan size A5, font Arial 12pts, 1,5 spasi.
Ketiga, panjang naskah minimal 40 halaman dan tidak ada batasan jumlah halaman maksimal.
Keempat, naskah dibagi dalam bab dan sub-bab untuk memudahkan pembaca menikmati buku tersebut.
Kelima, bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia yang mudah dimengerti tetapi tetap mengacu pada tata bahasa dan ejaan. Misalnya untuk segmen remaja, menggunakan bahasa remaja sehari-hari diperbolehkan selama logika dan alur cerita dapat dimengerti oleh pembaca.
Keenam, untuk keperluan komersial, BitRead bisa mengusulkan perubahan judul.
Ketujuh, karena penerbit di BitRead mengacu pada model selfpublishing dan indie publishing maka penulis bertindak sekaligus sebagai editor bagi bukunya sendiri.  Editor BitRead hanya mengecek apakah buku tersebut adalah karya original dari penulis dan telah ditulis menggunakan bahasa yang nyaman untuk pembaca di segmennya
Kedelapan, desain sampul akan dilakukan oleh BitRead sebagai fasilitas bagi penulis berdasarkan materi/naskah yang diterima dari penulis.
Mmm…bikin tambah semangat ingin segera menerbitkan buku ya?  Jika Anda ingin menerbitkan buku Anda lewat BitRead silahkan kirim via email ke naskah@bitread.co.id dengan subyek Naskah_Nama Penulis_Judul Buku.
Selamat menerbitkan buku!

No comments: