19 June 2016

Kok Ngantuk Terus Saat Puasa




Bagaimana ibadah puasa Anda?  Semoga lancar hingga Lebaran nanti ya.
Teh, kok ngantuk terus saat puasa?
Demikian keluhan beberapa perempuan yang berinteraksi dengan saya akhir-akhir ini.
Ya, salah satu problem terbesar yang terjadi selama berpuasa adalah rasa ngantuk yang berlebihan pada siang hari.
Nah, bagaimana cara mengatasinya?
Jangan tidur setelah shalat Shubuh!
Bagi sebagian orang, tidur setelah sahur dan shalat shubuh adalah hal yang wajar.  Namun, tahukah Anda, setelah sahur dan shalat Shubuh, tubuh Anda sudah memulai proses metabolism secara maksimal.  Saat Anda tertidur lagi, proses metabolism tubuh akan menurun intensitasnya.  Dalam kondisi seperti ini, tubuh Anda akan sulit untuk mencapai metabolisme maksimal setelah Anda terbangun untuk kedua kalinya.  Ini yang menyebabkan tubuh Anda cenderung menjadi lemas dan mudah mengantuk.
Lalu, ngapain dong setelah shalat Shubuh?
Membaca buku!
Bagi sebagian orang membaca adalah kegiatan yang mudah dilakukan namun susah untuk dijadikan kebiasaan. Tidak demikian halnya bagi saya, buku merupakan konsumsi harian yang benar-benar terasa vital. 
Membaca buku itu energi dan gizi, kebiasaan membaca buku harus dibangun sejak dini tanpa alasan apapun termasuk alasan karena sedang berpuasa.
Kalahkan kesibukan bergadget di bulan Ramadhan dengan pembiasaan membaca buku, hasilnya akan lebih optimal
Baca buku itu proses belajar.
Baca buku dimulai dari sekarang jangan tunggu besok
Orang akan lebih mudah menjalani hidup ini dengan membaca buku.  Mengapa coba?
Buku membuat orang lebih mudah memahami konsep, berpikir kritis dan kreatif.  Memahami konsep, berpikir kritis dan kreatif adalah tiga syarat penting untuk menjadi individu yang sukses.
Buku juga bisa memberikan solusi kepada banyak persoalan.  Membaca buku dapat membangun pondasi yang kuat untuk memahami berbagai disiplin ilmu.
Buku membuat kita lebih percaya diri dalam berinteraksi dengan orang lain.  Karena dengan membaca kita akan memilki banyak ide atau informasi yang bisa kita komunikasikan bersama orang lain.
Apabila Anda seorang penulis, kemampuan membaca secara langsung berhubungan dengan kemampuan menulis, sebab orang yang jarang membaca akan mengalami kesulitan dalam menemukan kosa kata ketika menulis.
Jadikan bulan Ramadhan Anda lebih banyak membawa bermanfaat dengan membaca.  Yuk, mulai hari ini jangan tidur lagi setelah shalat Shubuh!

No comments: