19 June 2016

5 Aktivitas Asyik Untuk Anak Saat Puasa



Selama bulan Ramadhan saya mengundang anak-anak sekitar tempat tinggal saya untuk berkegiatan di rumah.  Saya harapkan dengan kegiatan-kegiatan yang positif ini akan menciptakan lingkungan sehat untuk anak-anak.  Ibadah puasa pun diharapkan akan dijalankan dengan lebih mudah oleh mereka dengan adanya aktivitas-aktivitas yang bisa membuat mereka tetap aktif dan ceria selama berpuasa.
Saya mengundang mereka ke rumah untuk menonton film yang menginspirasi mereka dan mengobrol dengan mereka. 
Sebenarnya menonton film hanyalah salah satu aktivitas asyik untuk anak saat puasa, masih banyak lagi aktivitas-aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama anak Anda maupun dengan mengundang anak-anak di sekitar tempat tinggal.
Berikut saya berikan beberapa aktivitas asyik lainnya untuk anak saat puasa, silahkan menyimak.
Pertama, Belajar Menulis untuk Anak.  Mmmmm…Setiap anak memiliki imajinasi-imajinasi yang indah.  Imajinasi mereka sangat luas dan mereka sangat senang bereksplorasi terhadap hal-hal baru.  Menyalurkan imajinasi dan kemampuan eksplorasi mereka dalam bentuk tulisan akan sangat positif dampaknya bagi mereka selama berpuasa dan semoga kebiasaan menulis akan terus terbawa setelah bulan puasa berakhir.
Kedua, Mengaji bersama.  Belajar mengaji bersama teman-teman sebaya tentu akan sangat menyenangkan, dibandingkan jika Anda menyuruhnya mengaji sendirian di rumah.  Anda dapat mendaftarkan Anak anda ke TPA Ramadhan yang biasanya diadakan oleh setiap mesjid.
Ketiga, Mendongeng bersama.  Rasanya tak ada anak yang tidak suka dibacakan cerita.  Bacakan dongeng-dongeng yang menginspirasi ketika sore hari sebelum berbuka puasa.  Agar lebih menarik, Anda bisa memanfaatkan boneka tangan atau alat-alat peraga lainnya.
Keempat, Membuat kerajinan tangan.  Mengajak anak berkreasi membuat sebuah karya seni pastinya akan sangat mengasyikan.  Misalnya saja membuat boneka dari kaos kaki, melukis dengan jari-jari tangan, membuat origami atau hiasan dari kertas-kertas berwarna dan masih banyak lagi.  Keasyikan berkreasi akan membuat tidak terasa waktu berbuka sudah dekat!
Kelima, Menyiapkan makanan untuk berbuka.  Mengajak anak turun ke dapur mengapa tidak?  Ajaklah anak untuk membantu memotong-motong bahan makanan, menata makanan hingga menyiapkan makanan di meja makan.
Dan masih banyak lagi aktivitas-aktivitas asyik lainnya.
Coba bayangkan jika anak-anak kita memperoleh begitu banyak manfaat dari aktivitas-aktivitas diatas selama berpuasa.  Sungguh menyenangkan ya.


No comments: