20 June 2016

10 Bisnis Pilihan Saat Ramadhan



Banyak orang yang bertanya pada saya bisnis apa yang cocok dipilih saat Ramandan?
Jawaban saya, sebenarnya hampir sebagian besar bisnis di Bulan Ramadhan ini dapat mengalami peningkatan yang signifikan.  Karena di bulan Ramadhan keperluan masyarakat cenderung semakin meningkat.  Sebagai seorang pebisnis Anda harus bisa memanfaatkan momen apapun jangan sampai terlewatkan.
Berikut adalah saya berikan 10 ide bisnis pilihan saat Ramadhan.
1.      Bisnis busana muslim dan perlengkapan shalat.  Bulan Ramadhan berarti akan menghadapi Idul fitri yang merupakan tradisi bagi banyak orang untuk mengenakan pakaian baru.  Semua jenis busana akan dicari, mulai dari baju, tas, sepatu dan lain-lain.  Namun yang paling sering dicari adalah busana muslim seperti baju muslimah, mukena, sarung, peci dan berbagai perlengkapan lainnya.  Anda bisa menjalankan bisnis ini secara online hingga Anda tidak diharuskan untuk stok barang.  Yang harus dilakukan adalah memposting foto-foto produk, begitu ada orderan, Anda tinggal pesan ke produsen yang sudah diajak kerjasama
2.      Bisnis makanan dan minuman takjil.  Waktu berbuka menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim yang berpuasa.  Menjelang berbuka puasa, masyarakat mulai memburu makanan yang dan minuman yang biasa disantap untuk takjil, seperti aneka kolak, sup buah, dan masih banyak lagi.  Manfaatkan peluang ini selama bulan Ramadhan. 
3.      Berjualan aneka kue kering.  Aneka kue kering umumnya dipersiapkan menjelang hari raya idul fitri.  Sebagai camilan saat berkumpul bersama sanak saudara yang berkunjung.  Aneka kue kering seperti nastar, kastangel dan putri salju juga seringkali dijadikan hadiah pemberian kepada kerabat maupun teman-teman dekat.
4.      Bisnis masakan untuk berbuka dan sahur.  Bagi sebagian perempuan, membeli masakan yang sudah matang lebih praktis dibandingkan dengan memasak sendiri di rumah.  Dengan demikian usaha berjualan masakan matang juga bisa menjadi pilihan Anda.
5.      Bisnis berjualan parcel lebaran.  Bisnis ini merupakan bisnis musiman yang menguntungkan.  Banyak dibutuhkan oleh masyarakat yang ingin memberi hadiah pada rekan kerja atau bisnis.  Kalau dulu isi parcel lebaran terbatas pada kue dan minuman kalengan, sekarang jauh lebih beragam.  Misalnya berisi aneka kue kering, cake lebaran, malah ada yang berisi peralatan makan.
6.      Bisnis pengiriman barang.  Sudah menjadi lumrah jika selama bulan Ramadhan bisnis pengiriman barang mengalami peningkatan.  Banyak toko online memerlukan jasa pengiriman barang untuk mengirimkan orderan customer yang cenderung meningkat di bulan ini.
7.      Bisnis rental mobil.  Tidak sedikit masyarakat yang memilih menggunakan kendaraan rental untuk mudik.  Sehingga bagi Anda memiliki mobil yang tidak dipakai menjelang Idul Fitri bisa merentalkan mobil tersebut.
8.      Bisnis menjahit pakaian.  Tidak semua orang cocok dengan pakaian yang ready to wear.  Menjahit pakaian memang membutuhkan skill tersendiri.  Namun bila Anda tidak bisa menjahit.  Anda tetap bisa membuka bisnis ini dengan merekrut penjahit yang dibayar sesuai order yang datang.
9.      Usaha laundry.  Banyak para ibu yang memanfaatkan jasa cuci kiloan selama bulan puasa dan Idul Fitri.  Alasannya agar bisa lebih memanfaatkan waktu untuk kegiatan keagamaan dan silaturahmi bersama keluarga.  Alasan ini membuat usaha cuci kiloan mulai menjamur dan hampir dapat dipastikan selalu laku di bulan Ramadhan apalagi menjelang Idul Fitri .  Jika Anda memiliki lokasi bisnis di daerah sekitar kampus atau perumahan, ide bisnis ini bisa dipertimbangkan.
10.  Bisnis tiket transportasi.  Pada saat menjelang Idul Fitri, sudah menjadi tradisi umat muslim mudik ke kampung halaman masing-masing.  Banyak di antara mereka yang membutuhkan tiket transportasi seperti tiket pesawat dan kereta.  Anda bisa memanfaatkan peluang usaha sebagai penyalur tiket transportasi.
Sebenarnya masih banyak ide-ide bisnis pilihan saat Ramadhan.  Kunci utamanya adalah pandai melihat kesempatan yang tersedia di sekitar Anda. Bagaimana, siap berbisnis?

No comments: