12 May 2016

Tanpa Manajemen Waktu, Kita Semua Akan Dihantui Satu Penyakit Yang Menakutkan Yaitu STRES!


Suami: Bu, kok belum mandi?
Istri: Masih berantakan di rumah, nggak sempet mandi
Suami: Mending mandi dulu dooong
Istri: Nanti aja kalau semua udah beres (*dalam hatinya bertanya kapan beresnya)
Suami: Kalau gitu nggak bakalan bisa mandi deh
Istri: Coba ayah jadi aku pasti juga kayak gini, udah siang nggak sempet mandi *ngedumel

Dialog di atas akrab dengan keseharian Anda?
Aktivitas Ibu Rumah Tangga memang seabreg-abreg, mulai dari bangun tidur hingga kembali tidur tidak lepas dari aktivitas fisik. Mulai dari mengurus rumah, mengurus anak, mengurus kebutuhan suami, bahkan lupa mengurus dirinya sendiri.
Bukan hanya Anda, saya pun kadang demikian.
Jadi, Bu, kapan punya waktu untuk dirimu sendiri?
Yuk kita coba tengok lagi manajemen waktu kita.  Sudah baikkah?
Tanpa manajemen waktu Anda akan dihantui satu penyakit yang hampir menyerang banyak orang, baik itu ibu rumah tangga, profesional, bahkan mereka yang tidak memiliki aktivitas sekalipun yaitu stress karena merasa tidak punya waktu untuk diri sendiri.
Berikut saya berikan tips manajemen waktu:
1. Manakah yang PALING PRIORITAS. Buatlah 3-5 kegiatan Anda yang paling prioritas. Mungkin di awal Anda merasa semua aktivitas Anda adalah aktivitas prioritas. Namun, sebetulnya TIDAK semua harus Anda kerjakan di urutan AWAL. Pilihlah.
2. Pilihlah yang PRIORITAS. Setelah paling prioritas, di urutan kedua Anda memasukkan kegiatan prioritas. lengkapi juga dengan berapa lama waktu Anda mengerjakan aktivitas ini.
3. Buang kegiatan yang TIDAK PENTING. setelah melist aktivitas paling prioritas dan prioritas, apakah Anda merasa ada kegiatan yang tidak penting namun Anda masukan dalam keseharian? CORET SAJA! Aktivitas tidak penting ini adalah aktivitas yang Anda lakukan namun tidak BERMANFAAT, misalnya menonton sinetron, gosip, merumpi dengan tetangga, atau mungkin aktivitas lainnya.
4. Masukan "ME TIME". Meski Anda punya seabreg kegiatan di rumah atau di luar rumah karena misalnya Anda bekerja atau menjadi mompreneur, Anda tetap harus memasukkan jadwal ME TIME dalam keseharian Anda. Tidak perlu lama-lama, cukup 10 menit misalnya hanya untuk minum teh sambil baca buku, creambath di rumah, atau misalnya melakukan me time yang bisa meningkatkan produktivitas : MENULIS.

Nah, jika Anda sudah melakukan manajemen waktu dengan baik, saya yakin Anda bisa melesatkan PRODUKTIVITAS Anda dengan cepat. Siap?

No comments: