11 May 2016

Salah Satu Cara Yang Paling Mudah Memulai Bisnis Adalah Dengan Membisniskan Hobi Yang Dimiliki




Kita pasti sudah sering mendengar “lebih baik mencoba berwirausaha”. Terutama bagi kaum muda, hal ini sering digaungkan di kampus-kampus atau sekolah tinggi. Jangan takut nggak punya kerjaan, bisnis aja!  Akan tetapi apa yang harus dibisniskan, bagaimana memulainya? Itulah pertanyaan yang sering muncul di dalam benak setiap orang ketika mereka ingin memulai bisnis.
Salah satu tips dari saya, yang paling mudah untuk mencari bidang yang bisa dibisniskan adalah dengan memulai dari apa yang menjadi hobi kita. Karena bagi kebanyakan orang, hobi sering diidentikkan dengan kegiatan yang menghabiskan uang. Tidak sedikit contoh yang kita lihat dari orang-orang yang rela menghamburkan uangnya demi kepuasan memenuhi hobinya. Seperti hobi otomotif, yang membuat para hobbies-nya rela menghabiskan jutaan hingga puluhan juga untuk mendandani kendaraan kesayangannya.
Jika kita bisa melihat potensi ini sebagai bidang bisnis, tentunya tidak akan sulit bagi kita yang telah menekuni hobi tertentu untuk mengubah hobi yang biasanya menghabiskan uang menjadi menghasilkan uang.
Di samping itu, jika memulai bidang bisnis yang didasarkan pada suatu hobi, pelakunya tidak akan pernah merasa bosan, akan selalu ada passion dalam mengelola bisnisnya agar bisa sukses. Itu baru awalnya saja, sementara tentunya Anda mengetahui bahwa aspek-aspek bisnis ada banyak sekali yang harus dikuasai jika ingin memulai suatu bisnis.

Untuk hal ini, jika Anda memulai bisnis yang didasari dari hobi, tentunya Anda sudah memiliki banyak pengetahuan yang detil tentang apa yang diperlukan untuk menjalankan hobi tersebut. Ibaratnya jika Anda sudah menekuni suatu hobi, secara tidak langsung Anda sudah memahami medan perang bisnis dari hobi tersebut, seperti siapa kompetitornya, kelebihan dan kekurangan para kompetitor, di mana tempat bisa berburu barang murah agar bisa dijual kembali, siapa calon pelanggannya, seberapa tinggi daya beli calon konsumen dan apa yang ingin Anda jadikan keunggulan maupun keunikan dari bisnis Anda. Jadi, ketika memulai suatu bisnis kelihatan sulit, jika memulainya dari hobi, mudah bukan? 

No comments: