07 May 2016

Nggak Punya Karyawan Bukan Berarti Manajemen Waktu Bisnis dan Rumah Tangga Berantakan

(Liputan MQ TV)


Karyawan Anda satu-satunya resign?
Jangan panik dulu!
Nggak punya karyawan bukan berarti manajemen waktu bisnis dan rumah tangga berantakan.
Anda harus mengerahkan apa pun jurus yang sanggup Anda lakukan untuk mengatasi masalah-masalah bisnis di hadapan Anda, termasuk kehilangan karyawan. 
Kecepatan Anda bertindak akan sangat menentukan langkah Anda selanjutnya.  Karena jika tidak, masalah-masalah akan bermunculan, pekerjaan akan banyak terbengkalai dan semakin bertumpuk.  Padahal waktu, energi dan kekuatan Anda semakin lama semakin berkurang karena harus mengerjakan segala sesuatu sendiri.
Kuncinya hanya satu : JANGAN MENUNDA.  Pekerjaan menunda akan membuat manajemen waktu kita jadi berantakan.  Pembagian waktu untuk bisnis dan rumah tangga bisa kacau balau. 
Menunda artinya menumpuk masalah.  Misalnya saja ada pekerjaan bisnis yang seharusnya bisa diselesaikan hari ini, Anda tunda ke minggu depan.  Padahal minggu depan bisa jadi Anda akan mendapatkan pekerjaan baru yang menuntut deadline tinggi.  Akibatnya tidak hanya pekerjaan bisnis yang tidak terselesaikan dengan baik namun bisa merembet ke tugas-tugas rumah tangga Anda.
Lebih baik Anda jalani satu persatu pekerjaan sesuai jadwal, minta pengertian anggota keluarga atau minta bantuan mereka jika memungkinkan.  Yang terpenting  Anda harus yakin Anda pasti mampu mengerjakannya.  Anda pasti bisa jika berpikir Anda bisa.  Singkirkanlah konsep ‘tidak mungkin’ dalam benak Anda dan menggantinya dengan ‘serba mungkin’.
Merasa lelah? Keluarlah sejenak dari rutinitas.  Kalau perlu ubahlah jadwal harian dengan sesuatu yang lebih fresh, walau tidak mengubah esensi di dalamnya.  Hiburlah diri dengan melakukan kegiatan yang sudah lama tidak Anda lakukan.  Karena jadwal pekerjaan yang mendadak  lebih padat, Anda jadi lupa melakukan hobi lama. 
Jangan ragu untuk menikmati sedikit kebandelan dengan melakukan kegiatan tanpa rencana Terkadang sekali-kali Anda perlu bikin jadwal me time yang tak direncanakan untuk menenangkan pikiran.
Setelah ber-me time, kembali selesaikan segala sesuatu sesuai dengan waktu yang ditetapkan.  Bikin pembagian tugas yang jelas dengan pasangan atau anggota rumah yang lain.   Kedisiplinan yang tinggi dalam penyelesaiannya dan bersedia melakukan sesuatu dengan tepat waktu akan memudahkan segalanya.
Let’s do it now!


No comments: