07 May 2016

8 Tips Cerdas Memenangkan Hati Konsumen

(Dalam sesi wawancara MQTV)


Memenangkan hati konsumen adalah salah satu syarat supaya bisnis Anda terus berkembang.  Sulitkah?  Tidak juga.  Silahkan ikuti tips cerdas memenangkan hati konsumen berikut ini :
1.      Merespon dengan cepat pertanyaan maupun permintaan konsumen.  Cepat bukan berarti tergesa-gesa dan asal-asalan.  Anda tetap harus berkomunikasi dengan baik.
2.      Jangan pernah melakukan hard selling, apalagi yang terkesan memaksa konsumen.  Bisnis tidak sekedar berjualan, namun juga membangun relasi dan kolaborasi dengan konsumen.  Konsumen yang tidak membeli produk kita sekarang, bukan berarti tidak akan membeli produk kita dikemudian hari.
3.      Jauhi bad mood dan baper.  Dalam berbisnis kita seringkali bertemu konsumen-konsumen berkarakter unik.  Bukan tak mungkin suatu hari terjadi miskomunikasi.  Jangan pernah baper atau malah jadi bikin Anda bad mood.  Anda pasti bisa mengendalikan bad mood asal bisa mengontrol emosi.  Cobalah cari cara untuk mengendalikan perasaan anda alias nggak baperan.
4.      Hindari kata-kata negatif.  Ketika kita mengeluarkan kata-kata negatif walaupun bukan ditujukkan pada konsumen kita, bisa jadi mereka akan memandang kita dengan pikiran negatif.  Demikian pula sebaliknya, semakin sering kita berbicara dengan kata-kata positif apalagi diutarakan dengan penuh suka cita, maka konsumen akan memandang kita dengan positif.
5.      Belajar berkomunikasi efektif.  Tak jarang apa yang ingin kita sampaikan ke konsumen tidak terkomunikasikan dengan tepat.  Jadinya? Konsumen marah gara-gara kesalahan itu.  Keterampilan berkomunikasi Anda bisa dilatih.  Seiring bertambahnya jam terbang, lambat laun Anda akan mengetahui cara mengemas pesan yang menyenangkan hati konsumen
6.      Yakinkan diri Anda bahwa bisnis Anda memiliki kelebihan.  Apabila Anda yakin pada bisnis sendiri, Anda bisa lebih mudah meyakinkan orang.  Optimisme dan keyakinan Anda akan membuat bisnis Anda jauh lebih kuat.
7.      Fokus pada konsumen.  Segala sesuatu yang Anda atur dalam bisnis Anda harus fokus kepada konsumen.  Contohnya opsi pembayaran, jam operasional dan aturan-aturan retur produk.  Bagaimanapun bisnis bukan hanya untuk mencari keuntungan, bisnis adalah berbagi manfaat bagi banyak orang, terutama bagi konsumen Anda.
8.      Berikan apa yang konsumen inginkan di saat mereka menginginkannya walaupun itu membutuhkan kerja keras untuk memenuhinya.  Misalnya membantu mengupayakan pengiriman secepat mungkin karena produk Anda akan dibawa konsumen berlibur.
Nggak susah kan memenangkan hati konsumen? Selamat mencoba!


No comments: