(Dalam sesi wawancara MQTV)
Memenangkan
hati konsumen adalah salah satu syarat supaya bisnis Anda terus berkembang. Sulitkah?
Tidak juga. Silahkan ikuti tips
cerdas memenangkan hati konsumen berikut ini :
1. Merespon
dengan cepat pertanyaan maupun permintaan konsumen. Cepat bukan berarti tergesa-gesa dan
asal-asalan. Anda tetap harus
berkomunikasi dengan baik.
2. Jangan
pernah melakukan hard selling, apalagi yang terkesan memaksa konsumen. Bisnis tidak sekedar berjualan, namun juga
membangun relasi dan kolaborasi dengan konsumen. Konsumen yang tidak membeli produk kita
sekarang, bukan berarti tidak akan membeli produk kita dikemudian hari.
3. Jauhi
bad mood dan baper. Dalam berbisnis kita
seringkali bertemu konsumen-konsumen berkarakter unik. Bukan tak mungkin suatu hari terjadi
miskomunikasi. Jangan pernah baper atau
malah jadi bikin Anda bad mood. Anda
pasti bisa mengendalikan bad mood asal bisa mengontrol emosi. Cobalah cari cara untuk mengendalikan
perasaan anda alias nggak baperan.
4. Hindari
kata-kata negatif. Ketika kita
mengeluarkan kata-kata negatif walaupun bukan ditujukkan pada konsumen kita,
bisa jadi mereka akan memandang kita dengan pikiran negatif. Demikian pula sebaliknya, semakin sering kita
berbicara dengan kata-kata positif apalagi diutarakan dengan penuh suka cita,
maka konsumen akan memandang kita dengan positif.
5. Belajar
berkomunikasi efektif. Tak jarang apa
yang ingin kita sampaikan ke konsumen tidak terkomunikasikan dengan tepat. Jadinya? Konsumen marah gara-gara kesalahan
itu. Keterampilan berkomunikasi Anda
bisa dilatih. Seiring bertambahnya jam
terbang, lambat laun Anda akan mengetahui cara mengemas pesan yang menyenangkan
hati konsumen
6. Yakinkan
diri Anda bahwa bisnis Anda memiliki kelebihan.
Apabila Anda yakin pada bisnis sendiri, Anda bisa lebih mudah meyakinkan
orang. Optimisme dan keyakinan Anda akan
membuat bisnis Anda jauh lebih kuat.
7. Fokus
pada konsumen. Segala sesuatu yang Anda
atur dalam bisnis Anda harus fokus kepada konsumen. Contohnya opsi pembayaran, jam operasional
dan aturan-aturan retur produk.
Bagaimanapun bisnis bukan hanya untuk mencari keuntungan, bisnis adalah
berbagi manfaat bagi banyak orang, terutama bagi konsumen Anda.
8. Berikan
apa yang konsumen inginkan di saat mereka menginginkannya walaupun itu
membutuhkan kerja keras untuk memenuhinya.
Misalnya membantu mengupayakan pengiriman secepat mungkin karena produk
Anda akan dibawa konsumen berlibur.
Nggak
susah kan memenangkan hati konsumen? Selamat mencoba!
No comments:
Post a Comment