06 May 2016

Buku Nggak Bikin Cupu


(Dari suka membaca, kini saya telah menulis 61 buku)


Tentu saja buku nggak bakalan bikin Anda cupu, karena dengan buku Anda dapat menyelami pemikiran-pemikiran orang lain.  Anda bisa mempelajari bagaimana cara orang lain dalam mengembangkan diri.  Membaca buku memang satu aktivitas ringan yang memiliki segudang manfaat.
Mungkin itu bagi saya, atau juga bagi Anda.  Bisa jadi bagi sebagian orang membaca buku merupakan pekerjaan yang berat.  Hampir semua orang bisa mengerjakannya tetapi hanya sedikit yang bisa menikmatinya. 
Memang, jika buku sekedar dibaca, Anda tidak akan bisa menikmatinya. Manfaat buku akan terasa bagi orang yang membaca karena memang menikmatinya.
Saya sendiri seorang penikmat buku sejak kecil, buku telah memompa semangat saya untuk memilih karir menjadi seorang penulis. 
Banyak pembelajaran tentang hidup saya dapatkan dari buku.
Hampir semua buku saya suka, namun jika ditanya apa yang paling saya sukai, jawabannya adalah buku biografi.
Dengan membaca buku biografi saya semakin mendalami arti hidup sesungguhnya, saya belajar menjadi sukses itu bukan sekedar perjuangan mencapai sukses, melainkan berhubungan dengan nilai-nilai hidup yang menguatkan seseorang mengapa dia harus sukses.
Dari buku biografi saya juga belajar, bahwa kesuksesan seseorang tidak melulu tentang berapa banyak harta bisa dia kumpulkan, berapa bisnis bisa dikembangkan, tapi juga seberapa manfaatnya dia bagi sesama, dan seberapa kuat dia menahan badai yang menerjang yang bisa saja meluluhlantakkan hidupnya.
Dari buku saya semakin siap menghadapi setiap episode kehidupan, menjadikan tiap episode sebagai ajang saya untuk belajar.  Membuka mata saya bahwa hidup akhirnya merupakan satu pembelajaran ke pembelajaran lainnya.
Ya, dari buku saya belajar untuk selalu memupuk harapan pada setiap episode buruk dan memupuk optimisme pada setiap episode baik.
Saya semakin yakin bahwa menerangi kehidupan itu tidak perlu menjadi matahari, cukup menjadi lilin saja, sudah cukup untuk memapah langkah kita dalam gelap.
Kesukaan saya membaca buku membuat saya bisa menulis tentang apa saja.  Bisa mengkolaborasikan pemikiran saya dengan pemikiran orang lain.

Dari tiap buku yang saya baca saya bisa mengumpulkan serpihan semangat yang kemudian membuat saya bertumbuh.  Semangat untuk terus mengubah hidup menjadi lebih baik.  Itulah saya, Bagaimana dengan Anda?  Jadi, buku apa yang Anda suka?

No comments: