15 May 2016

“Memulai Bisnis dari Nol Untuk Menjadi Wirausaha Di Era MEA”

(Kegiatan kolaborasi untuk pemberdayaan perempuan)


Pada hari kamis tanggal 12 Mei yang lalu, saya mengawal para ibu di kawasan Kelurahan Regol untuk mengikuti pelatihan produk home care yang digelar PT Bratachem, Indscript Creative bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung. Organisasi yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) dan Indonesia Marketing Association (IMA). Kolaborasi ini terjalin dengan sangat apiknya karena kami semua concern dalam pemberdayaan perempuan, membuat perempuan Indonesia jauh lebih baik dari waktu ke waktu.
Kegiatan bertajuk “Memulai Bisnis dari Nol Untuk Menjadi Wirausaha Di Era MEA” ini bertujuan mengajak para ibu rumah tangga untuk memiliki jiwa pebisnis.  Para ibu diberikan pelatihan membuat produk sendiri khususnya sabun cuci piring dan detergen cair yang aman dan ramah lingkungan. Diharapkan kedepan mereka bisa menjual produk tersebut.
Kegiatan ini disambut baik oleh Ibu Siti Oded, istri Wakil walikota Bandung.  Keinginan beliau agar kegiatan ini dapat menambah nilai ekonomi bagi para ibu rumah tangga.
Senang rasanya menyaksikan antusiasme perempuan-perempuan hebat ini selama berkegiatan.  Bersama mereka bagaikan mendapat suntikan energi positif yang tidak pernah habis.  Ya, dalam berbagai pertemuan seperti ini saya menyerap begitu banyak energi positif, energi yang saling menular satu sama lain.
Mengikuti kegiatan seperti ini memang banyak mendatangkan hal yang positif.  Para ibu bisa belajar satu sama lain untuk  menelurkan kreativitas dilakukan terus menerus dan tanpa batas. Meski mungkin saja tidak semua hal kreatif yang ditelurkan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari secara langsung, namun dari sinilah mereka bisa belajar bereksperimen untuk terus melangkah dan mempelajari hal-hal yang baru.
Dari setiap pertemuan, para ibu yang berjumlah 60 orang itu bisa belajar membangun kekompakan dan berlatih membangun komunikasi dengan banyak orang.  Belajar bergaul dengan semua orang di sekeliling.  Bergaul kan tak harus dengan orang dengan latar belakang yang sama.  Berinteraksi bisa dengan siapa saja selama memberikan pengaruh baik.
Mutiara Udjo yang juga hadir menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut memaparkan mengenai pentingnya strategi marketing dalam bisnis. Beliau menceritakan bagaimana Saung Angklung Udjo membangun bisnis. “diawali ngamen dari rumah ke rumah” ujarnya.
Saya sendiri membawakan materi mengenai bagaimana memulai bisnis dari nol, mulai dari menciptakan produk hingga melakukan penjualan. Sedangkan dari Bratachem memberikan penjelasan mengenai bahan dan output yang bisa dihasilkan.
Perempuan, mari kita berinteraksi dan belajar satu sama lain sebagai pembuka kesuksesan berikutnya di tahun ini dan tahun-tahun selanjutnya.  
Jadilah pribadi yang terbuka, fleksibel, ramah dan haus untuk terus belajar.  Sehingga kita memiliki banyak relasi dan mudah bergaul dengan siapa pun. Sebaliknya jika kita menutup diri bahkan tak mau bersosialisasi. Bersiaplah untuk menjadi manusia asing.


No comments: