16 May 2016

Nggak Perlu Keluar Rumah Untuk Dapat Ilmu


Menjadi seorang penulis adalah cara terbaik untuk mengekpresikan pengetahuan dan pemikiran Anda.  Bagi yang belum terjun secara penuh ke dunia ini, kedengarannya sangat mudah untuk menjadi seorang penulis, namun seiring berjalannya waktu Anda akan menyadari bahwa menulis itu sebenarnya tidak mudah.
Ya, meskipun Anda sudah lancar menulis, bukan berarti jalan sudah terbuka lebar-lebar. Akan tetapi, banyak kerikil tajam yang siap menghadang jejak langkah Anda dalam menapaki dunia kepenulisan.
Apakah ada cara untuk mengatasinya? Tentu saja!
Caranya adalah jangan pernah berhenti belajar.  Menjadi seorang penulis besar tidak boleh berhenti belajar.  Jadikan belajar menulis dan menulis sebagai proses yang berkesinambungan untuk terus meningkatkan kualitas tulisan Anda.  Anda harus mampu memperkaya wawasan diri Anda setiap hari, jika Anda menginginkan keseriusan dalam dunia menulis.
Sekarang ini banyak kemudahan untuk mencari ilmu menulis.  Anda nggak perlu keluar rumah untuk dapat ilmu.
Belajar menulis bisa dimulai dari media apa saja, termasuk media-media yang disajikan melalui teknologi Internet.   Anda bisa belajar melalui akun sosial media orang-orang yang sudah ahli dalam dunia menulis.  Dapatkan inspirasi dari penulis terbaik dan belajarlah dari mereka.  Itu akan membantu Anda terinspirasi dan meningkatkan kualitas Anda dalam menulis.
Hilangkan faktor dari dalam diri sendiri yakni rasa malas yang menyebabkan Anda berhenti belajar menulis.
Berhenti belajar menulis dalam jangka waktu lama akan membuat ketrampilan dan motivasi yang telah Anda miliki akan hilang. Untuk itu, tidak ada jalan lain bagi seorang penulis kecuali harus tetap konsisten belajar dan terus menulis dalam kondisi apapun dan dimanapun. Jangan biarkan kesempatan terbuang sia-sia tanpa ada aktifitas menulis. Tetaplah menulis, meskipun hanya berupa; diary, catatan harian, flash fiction, outline, dan lain-lain.  Belajarlah ilmu menulis setiap ada kesempatan.
Cobalah lihat, banyak inspirasi datang dengan belajar dari kehidupan di sekitar Anda.  Dengan terus belajar, Anda akan terhindar dari mental blok dan kekurangan ide.  Ilmu itu ada dimana-mana.  Nggak perlu keluar rumah untuk dapat ilmu.  Semuanya tergantung Anda sendiri, sudah kosongkan gelas Anda setiap saat?








No comments: