02 May 2016

7 Kesalahan yang Wajib Dihindari Perempuan Pebisnis

(Salah satu produk jualan perempuan di emakpintar.asia)


Dalam memutuskan sesuatu, kerapkali kita memiliki begitu banyak pertimbangan.  Ini dan itu kita pikirkan, demikian juga dalam hal bisnis.  Selain mempersiapkan langkah-langkah yang harus kita ambil dengan pertimbangan yang matang, seorang pebisnis juga harus berusaha menghindari kesalahan-kesalahan yang bisa berdampak buruk bagi perkembangan bisnisnya.
Berikut saya bagi dengan Anda semua 7 kesalahan yang wajib dihindari perempuan pebisnis, simak ya :
1.      Lambat dalam mengambil keputusan.  Berpikir dan bereaksi dengan cepat namun tetap dengan penuh pertimbangan sangatlah penting.  Saya tak bisa menunggu untuk sesuatu, banyak hal saya putuskan dengan cepat.  Meskipun tetap ada hal positif atau negatif karena keputusan cepat itu, tapi saya merasa pertolongan pertama pada masalah atau ketika kita tidak menunggu terlalu lama untuk bertindak.  Seperti halnya memutuskan secara lambat tentu ada konsekuensinya.  Maka saya memilih berpikir dan beraksi dengan cepat, sebab itu jauh lebih baik dibandingkan TERLAMBAT.
2.      Kehilangan semangat saat menemui masalah yang sama secara berulang.  Jangan pernah kehabisan semangat.  Semangat yang tidak pernah runtuh membuat semua aktivitas menjadi ringan.
3.      Tidak pernah memperhatikan orang-orang yang terlibat dalam bisnis karena terlalu fokus mengejar omzet.  Orang yang berperan dalam bisnis kita misalnya karyawan sangatlah penting.  Buat semua karyawan bergembira, dari rasa gembira produktivitas akan meningkat.  Buatlah bekerja itu menjadi sesuatu yang menyenangkan. 
4.      Tidak mau berbagi karena takut tersaingi.  Dalam beberapa coaching bisnis yang saya lakukan, ketika saya ditanya untuk apa berbisnis jawaban saya selalu agar bisa bermanfaat.  Menuju profit itu harus namun bisnis harus tetap berbagi.  Saya punya satu keyakinan berbagi tak ada takarannya, berbagi takkan pernah memiskinkan, berbagi justru memperkaya dan mencerahkan.
5.      Mencampuradukan keuangan bisnis dan pribadi.  Jangan pernah menggunakan uang bisnis untuk keperluan sehari-hari.  Campuraduk antara keuangan bisnis dan pribadi akan menyebabkan kita tidak tahu pasti kondisi keuangan bisnis kita sebenarnya, apakah plus atau minus.
6.      Kaya ide namun miskin keberanian.  Ide dan inovasi yang tiada henti adalah mutlak dalam berbisnis.  Jangan pernah takut atau menunda untuk menerapkan ide tersebut pada bisnis Anda.  Jika Anda merasa kemampuan Anda masih kurang, belajarlah.  Nikmati setiap jengkal perjalanan bisnis kita.  Belajarlah untuk menyempurnakannya.  Belajar, hirup ilmu, aplikasikan dan teruslah begitu.
7.      Lebih suka melakukan segala sesuatu sendiri.  Perempuan memang terkenal multitasking.  Namun tak semua bidang bisa kita kuasai dengan cepat dan mudah bukan?  Jangan ragu untuk hire orang yang lebih kompeten untuk membantu bisnis Anda.
Bagaimanapun hasil akan berbanding lurus dengan usaha Anda.  Mengetahui 7 kesalahan yang wajib dihindari perempuan pebisnis semoga akan lebih memaksimalkan usaha Anda.  Bismillah.


No comments: