Bisnis dan Menulis, Dua Hal yang Tidak Terpisahkan!

Program-program training yang saya usung mempunyai tujuan yang sama yakni membantu ibu rumah tangga pebisnis untuk mengembangkan kemampuan berbisnisnya dan juga kemampuan menulis.

Bagi saya, bisnis dan menulis, dua hal yang tidak terpisahkan!
Penulis harus bisa berbisnis.
Pebisnis harus bisa menulis.

Misi utama saya adalah melahirkan perempuan pebisnis sekaligus penulis yang handal di kedua bidang tersebut.  Perempuan-perempuan ini diharapkan bisa melahirkan kreativitas-kreativitas baru yang bermanfaat bagi diri sendiri, perusahaan dan masyarakat luas.

Pebisnis tidak cukup memperdalam ilmu bisnisnya saja.  Pebisnis yang bisa menulis akan memiliki kemampuan ekstra dalam memaparkan bisnisnya, menggali keunggulan produk yang dipromosikan dalam bentuk tulisan yang menarik.

Saya mengajari para pebisnis untuk konsisten menulis konten bisnisnya dalam bentuk artikel di blog, status facebook, IG, twitter, serta media sosial lainnya.  Tujuanya agar bisa memancing konsumen lebih banyak lagi.  Karena sekarang ini promosi bisnis sebagian besar dilakukan lewat media online.
Walaupun ada banyak freelance writer yang bisa di-hire untuk hal ini, tapi memiliki kemampuan menulis konten bisnis untuk produk sendiri tentu akan lebih baik, bukan?

Sebaliknya penulis juga harus bisa berbisnis untuk bisa meningkatkan penghasilannya.   Penulis yang sukses tidak cukup hanya mampu melahirkan buku saja, tapi juga harus mampu mempromosikan bukunya sendiri.  Di dunia penerbitan sekarang ini ada istilah penulis grade A.  Yakni penulis yang mampu melahirkan karya sekaligus turut aktif mempromosikan bukunya sehingga laris di pasaran.

Sekarang sudah nggak zamannya penulis buku hanya menulis buku lalu berdiam diri menunggu royalti.  Tumbuh pesatnya industri kepenulisan sekarang ini menyebabkan penerbit tidak mampu untuk melakukan promosi sendirian.  Harus ada kerjasama dari penulis untuk ikut aktif berpromosi.
Aktif berpromosi mulai saya lakukan untuk buku saya yang berjudul Full Time Mom vs Working mom.  Baik secara online maupun offline.  Berpromosi dengan kedua cara ini bukanlah masalah, karena kemajuan teknologi sekarang ini cukup membantu.  Saya bisa melakukan promosi lewat bedah buku langsung, siaran di radio, lewat WA, lewat FB dan lewat media sosial lainnya.  Langkah ini ternyata sangat efektif untuk meningkatkan penjualan buku saya.

Berbisnis dan menulis memang satu kesatuan.
Intinya, menulis harus BISA, berbisnis juga harus BISA!


No comments:

Post a Comment