26 April 2016

Kenapa Penulis Harus Gaul?

Gaul itu bukan berarti harus mengikuti semua arus kehidupan termasuk yang negatif.  Gaul disini artinya mengikuti tren perkembangan zaman.  Bisa mengikuti issue-issue terkini.  

Modal gaul penting untuk seorang penulis, karena penulis dituntut untuk membuat sebuah tulisan yang aktual. Jika seorang penulis tidak mengikuti tren, tulisannya akan kaku dan datar. 

Apakah gaul artinya penulis harus bisa mengubah ciri khas agar sesuai dengan berbagai generasi?  
Tentu saja bukan. 

Seorang penulis tidak perlu memaksakan diri untuk membuat tulisan yang bisa disukai semua generasi.  Para penulis senior rata-rata sudah punya segmen generasi sendiri. Memang bagus jika bisa merangkul semua segmen, tapi jika hanya eksis di segmen generasi tertentu atau di beberapa segmen saja juga tak masalah.

Memaksakan diri untuk masuk ke semua segmen dengan cara mengubah gaya menulis kita bisa mematikan idealisme dan ciri khas kita sebagai penulis.  Kemampuan yang harus dimiliki seorang penulis adalah menyelaraskan idealismenya agar bisa menyelami kehidupan semua generasi.

Menghasilkan sebuah tulisan yang memikat tidak harus dengan menggunakan bahasa dan gaya yang bukan ciri khas kita.  Tetaplah menjadi diri kita sendiri dalam memasukkan ide-ide positif dan pesan moral dalam tulisan kita. Sepanjang rasa ikhlas selalu bersama ujung pena, semua orang akan bisa merasakan kebaikan dalam setiap tulisan kita dan pada akhirnya bisa menerima ide-ide kita.
Lalu bagaimana cara mengikuti issue-issue terkini dan menyebarkan tulisan kita pada semua generasi?

Gunakan media sosial dengan aktif.  Media sosial dan penulis menjadi bagian yang tidak terpisahkan.   Bergaul di media sosial bisa memperluas jangkauan tulisan kita ke berbagai generasi.  Selain itu media sosial juga merupakan alat untuk membranding diri kita sebagai penulis pada segmen tertentu.

Di era sekarang, hal pertama yang dilakukan seseorang ketika berkenalan dengan orang baru adalah mengecek profil mereka di dunia maya.  Begitu pula dengan seorang calon klien ketika menerima tawaran jasa dari para penulis.  Memastikan calon penulisnya mempunyai portofolio, kredibilitas, dan profil yang cocok untuk penulisan pada segmen yang sesuai dengan yang dituju oleh klien.


Jadi, sudah tahu kan kenapa penulis harus gaul? 

No comments: