30 April 2016

Bisnis Bangkrut? Nggak Perlu Ganti Haluan!

Bisnis sudah menjadi darah saya.  Tidak ada keraguan untuk selalu mengembangkan bisnis dan terus berbisnis meski dalam bisnis tidak selalu manis.  Sebaik-baiknya bisnis dikawal, tetap persoalan bermunculan.  Namun setiap persoalan bukan membuat saya jera namun saya justru semakin semangat membangun bisnis lebih baik. Yang terpenting tetaplah fokus dan konsisten menjalani bisnis kita. 

Bagaimana jika sesuatu yang terburuk terjadi : misalnya bisnis bangkrut?

Nggak perlu ganti haluan!
Tetaplah yakin bahwa bisnis yang kita pilih adalah yang terbaik untuk dijalankan.

Sering saya katakan bahwa semua bisnis itu harus melalui proses yang panjang, melalui berbagai pengalaman.   Jangan pernah berpikir pebisnis-pebisnis yang sekarang beromzet milyaran rupiah tidak menjalani proses yang berliku.  Mereka pasti pernah mengalami up and down dalam bisnisnya.
Saya pun demikian.  Bisnis saya pernah mengalami kondisi-kondisi buruk.  Namun saya tidak lantas menyerah dan berpindah haluan.  Saya tetap fokus menjalani bisnis yang saya pilih.

Bagi saya, semua hal yang buruk saat berbisnis akan saya hanguskan diubah jadi program baru yang jauh lebih menarik, semua hal sukses saat berbisnis akan saya duplikasikan di masa depan, PROSES itu cukup panjang saya lakukan hingga akhirnya BERTEMU CARA menjalani bisnis yang lebih baik dari hari ke hari.

Tak lupa konsep TRIAL and ERROR juga saya lakukan setiap saat. Saya terus mengeksekusi setiap ide dan mengEVALUASI setiap gerakan sehingga menjadi catatan langkah berikutnya.

Didampingi suami saya kerapkali melakukan manuver-manuver baru untuk bangkit dari jatuh, tetap bersyukur saat gagal, hingga tetap tersenyum dalam kerugian besar.

Saat berbisnis saya dan suami memilih untuk tidak berhenti bergerak pada setiap kondisi, pada kondisi baik atau buruk. 

Suami saya juga selalu mengajarkan untuk tetap melakukan banyak hal kecil agar mampu melakukan hal besar.  “Sebab tidak ada sukses besar “Simsalabim” semua dimulai dari langkah kecil”


Dan tahukah Anda, bahwa sukses itu berawal dari fokus.  Tidak ada lagi konsep sukses yang berawal dari palugada (apa lu mau gue ada).  Nah, sudah siapkan untuk tetap fokus pada bisnis Anda?

No comments: