21 April 2016

8 Tips Cerdas Memulai Menulis Untuk Ibu Rumah Tangga


(Karya alumni Sekolah Perempuan yang memulai karir di dunia penulisan dari NOL)

“Kenapa perempuan sih teh? Laki-laki juga butuh pekerjaan tambahan saat ini.” Ujar seseorang merespon peluang bisnis yang saya tawarkan kemarin.
“Fokus saya saat ini memang bagaimana perempuan bisa membantu perekonomian keluarga dari rumah.  Pemberdayaan perempuan melalui aktivitas menulis adalah konsen saya.” Jawab saya
Pada kesempatan lain seorang wartawan berujar, “Hah, Ibu Rumah Tangga bisa jadi REPORTER?”
Mengapa? Semua perempuan, termasuk Ibu Rumah Tangga bisa menulis, itu keyakinan saya.
Tahun 2010 mendirikan Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis yang fokus untuk berbagi inspirasi bahwa Ibu Rumah Tangga bisa produktif jadi penulis buku.  Dari komunitas ini juga, lahir Sekolah Perempuan yang memiliki visi mencetak 1 juta penulis buku dari kalangan perempuan.
Semua berawal dari keyakinan saya bahwa mahluk multitasking yang bernama perempuan bisa menulis.
Kalau saya sudah begitu yakin, mengapa Anda masih ragu?  Tidak ada rumus lain untuk membuat Ibu Rumah Tangga menjadi seorang penulis selain 3 M yaitu MENULIS, MENULIS dan MENULIS.
Lalu memulainya bagaimana? Simak tips cerdas memulai menulis berikut ini :
1.      Perbaiki MANAJEMEN HATI. Dengan pekerjaan Ibu Rumah Tangga yang seolah tak ada habisnya seringkali mood menulis kita lenyap.  Cara mengatasinya adalah perbaiki manajemen hati kita agar selalu bisa menulis dengan bahagia. Lalu mulailah menulis.
2.      Tendang RASA MALAS dengan CITA-CITA Jadi PENULIS. Mood baik tapi malas memulainya.  Jangan pelihara rasa malas Anda kalau mau jadi penulis.  Menulis itu butuh komitmen dan konsistensi. Ayo mulailah menulis.
3.      Tambah WAWASAN meski bermodalkan GADGET. Sehari-hari berkutat di dapur rasanya mentok nggak punya ide.  Masa? Tambah wawasan dan belajar bisa diperoleh dari mana saja.  Anda perlu belajar tentang apa? Ekonomi? Politik? Pengasuhan Anak? Kecantikan? Atau belajar menulis? Berterimakasihlah pada teknologi.  Sekarang semua informasi bisa kita peroleh dengan cepat dan mudah hanya bersumber dari gadget mungil dalam genggaman Anda.
4.      PILIH TEMA tulisan yang bersumber dari PENGALAMAN Anda. Jangan memilih tema yang tidak Anda kuasai tapi bisa bersumber dari pengalaman Anda sebagai ibu dan istri. Misalnya, pengalaman memasak, pengalaman mendidik anak, pengalaman mengurus rumah, dan pengalaman lainnya.
5.      CATAT IDE dalam buku khusus. Jangan sampai ide Anda menguap bersama asap di dapur, hehe. Belilah buku catatan dan jangan malas mencatat ide yang muncul tiba-tiba saat memasak, beresin rumah, atau saat sedang menidurkan anak J.
6.      BUAT IDE dalam KERANGKA TULISAN. Apa isi dari ide Anda? Buatlah dalam bentuk kerangka tulisan sehingga mudah saat Anda mulai menuliskannya.
7.      Tambah wawasan Anda mengenai dunia PENULISAN. Anda bisa mengikuti kursus-kursus online, sehingga Anda bisa menambah wawasan di dunia penulisan.
8.      Mulai MENULIS. Sekali lagi jangan ditunda untuk mulai menulis. Mulailah sekarang juga, detik ini juga.


Sudah siap jadi penulis? tunggu apa lagi? Ayo mulailah menulis, menulis dan menulis.  

No comments: