19 April 2016

3 Kemampuan yang Harus Dimiliki Perempuan Pebisnis



Berbicara tentang perempuan tak ada habisnya, makin dibicarakan makin menarik, apalagi membicarakan peran perempuan yang terkenal bisa multitasking alias menjalani berbagai peran sekaligus ini.  Jadi ibu rumah tangga? Sudah pasti.  Jadi  pekerja kantoran? Bisa banget!  Jadi pebisnis?  Siapa takut!
Menjalani berbagai peran yang merupakan kelebihan kaum perempuan memang sudah tak aneh lagi.  Namun tetap saja, ada kebanggaan tersendiri bagi saya, saat menetaskan lagi satu karyawati Indscript yang berpindah kuadran menjadi pengusaha.  Sekretaris saya, Nida Syauqiyah Amjad Dzihni sudah sah jadi womenpreneur muda di bidang kuliner sekarang.
Nah, terkait dengan bisnis. Ada tiga kemampuan yang harus dimiliki oleh para perempuan yang menceburkan dirinya di dunia bisnis, yaitu: manajemen waktu, manajemen hati dan manajemen komunikasi.
1.      Manajemen waktu.  Perempuan harus merasa bersyukur hadir di era saat ini, untuk melakukan aktivitas apapun, termasuk aktivitas bisnis akan sangat dimudahkan.  Teknologi jika digunakan untuk hal positif hasilnya akan luar biasa. Namun, jika tidak bisa memanajemeni waktu kemajuan teknologi bisa membuat perempuan lalai atau malah tertinggal.
Lalai? Ya, sebab tanpa sadar perempuan pebisnis membenamkan dirinya dalam aktivitas online namun lupa kewajiban sesungguhnya sebagai Ibu Rumah Tangga. Tertinggal? Ya, kemajuan teknologi tidak mampu membuat perempuan melakukan pembenahan dalam hal apapun selain hanya mengikuti arus yang ada.
Maka,  pesan yang selalu saya berikan pada semua perempuan dalam berbagai diskusi adalah manajemeni waktu sehingga perempuan bisa membuat perannya sebagai ibu, istri, dan juga pebisnis berjalan dengan lancar.
2.      Manajemen hati.  Setiap perempuan punya banyak kesempatan untuk membangun sesuatu yang baru, termasuk berbisnis.  Kemampuan perempuan untuk memanajemen hatinya bisa mendorong ke arah kemampuan berbisnis yang positif, saling berkolaborasi sesama pebisnis, melupakan hal negatif yang akan mencederai semangat
3.      Manajemen komunikasi.  Perempuan banyak mempunyai kesempatan berteman dengan siapa saja, berkomunitas di mana saja, berorganisasi dimanapun untuk mendukung perkembangan bisnis anda. Tapi ada satu hal yang harus dipegang yaitu meninggalkan kesan terbaik di awal pertemuan dan kesan baik di pertemuan-pertemuan lainnya.  Berkomunikasilah dengan sebaik mungkin.  Berkomunikasi dengan baik di setiap pertemuan akan memunculkan energi dan memperkuat kolaborasi. 

Terus berjuang perempuan pebisnis dan calon pebisnis Indonesia, sekali lagi teknologi akan banyak membantu kita semua dan tentu saja doa, keyakinan dan ikhtiar Anda.  Jangan lupa juga: restu suami, karena apa yang suami restui, akan menjadi berkah bagi seorang istri. 
Selamat meningkatkan kemampuan diri dalam hal waktu, hati, dan komunikasi.


.



.

No comments: