19 April 2016

10 Cara Cerdas Berbisnis


Pebasket tak hanya harus aktif, namun juga harus cerdas berstrategi untuk memenangkan pertandingan.  Demikian juga halnya dengan pebisnis, pebisnis layaknya seorang pebasket yang harus aktif, cerdas, sehingga bukan hanya memiliki bisnis yang sehat namun juga terus berkembang dan memenangkan persaingan.  Ini salah satu konsep yang mendasari inovasi terbaru yang diluncurkan oleh perusahaan training center yang saya kelola: Program 3 On 3 yang pernah saya share di tulisan saya terdahulu.
Program  3 On 3 ini diluncurkan sebagai bagian dari program pendampingan dan pembinaan bisnis bagi para perempuan yang ingin lebih cerdas dalam berbisnis.  Kenapa sih harus cerdas dalam berbisnis? Tentu saja, karena dunia bisnis merupakan dunia persaingan, banyak tantangan yang akan dihadapi, taktik cerdas diperlukan tidak hanya agar bisnis Anda mampu bertahan, lebih dari itu bisnis harus terus melesat.
Nah, apa saja cara cerdas dalam berbisnis?  Silahkan simak langkah-langkah berikut ini :
1.       DETEKSI masalah sejak Dini. Sesegera mungkin deteksi masalah bisnis Anda, apakah dalam hal SDM? Pemasaran? Keuangan? atau Inovasi?  Semakin cepat menemukan masalah bisnis, akan semakin efektif solusi yang Anda terapkan nantinya.
2.      Perbaiki sistim kontrol KEUANGAN.  Banyak pebisnis menyadari bahwa kegagalan bisnis mereka disebabakan oleh masalah keuangan.  Penyebabnya seringkali karena tidak memiliki perencanaan keuangan sehingga tidak tahu kemana dan untuk apa uang yang keluar masuk.
3.      Membangun INOVASI.  Inovasi penting untuk menghindari kebosanan dan meningkatkan penjualan.  Tanpa inovasi, bisnis mati.
4.      Beri perhatian khusus pada SDM.  Masalah SDM adalah masalah yang sering terjadi dan memiliki dampak yang besar bagi sebuah bisnis.  Pastikan komunikasi Anda dengan pegawai selalu lancar.
5.      Buang virus I KNOW : mau belajar, mau action, mau terbuka, mau mendengarkan, mau mengevaluasi, dan mau jadi gelas kosong
6.      JANGAN BERDEBAT dengan konsumen yang komplain.  Komplain seharusnya menjadi salah satu cara untuk menyempurnakan bisnis.
7.      BELAJAR dari kesalahan.  Perlu disadari, bahwa bisnis tidak selamanya ada ‘di atas’ yang terpenting adalah lakukan evaluasi dan buat rencana yang matang berdasarkan riset dan evaluasi kegagalan Anda.  Reparasi! 
8.      Pentingnya SHILATURAHMI untuk meningkatkan skill, jejaring bisnis dan persahabatan.  Bisnis bukan hanya meraup keuntungan tapi bisa menolong sesama, berbisnis adalah berbagi.  Semakin berbagi semakin tumbuhlah bisnis.
9.      FOKUS dalam setiap langkah, apabila Anda fokus semua bisa didapatkan, yang penting planningnya jelas, targetnya jelas, cara melangkahnya juga jelas.
10.  Untuk jadi pebisnis sukses, gabungkan MIMPI, ambisi, aksi dan ilahi.

Nah, sudah siap berbisnis dengan cerdas?

No comments: