31 May 2015

Modal dan Kompetisi






"Teh, bagaimana mungkin saya berbisnis, wong modal aja nggak punya?" Ujar salah satu peserta di workshop.
Bicara modal pastinya kita akan terpikir itu hanya berupa UANG, kalau nggak punya uang maka yang terpikir PINJAM ke BANK. Bukan begitu?

Saya lalu mengilustrasikan bahwa modal saya memulai bisnis adalah IDE disamping sedikit modal yang keluar, ya sedikit sekali dibandingkan target yang ingin saya capai waktu itu.
Cara menyiasati modal yang minim adalah dengan MEMUTARKAN uang yang ada dengan mengejar OMZET yang jelas. Itulah kenapa semua pebisnis harus memiliki BUSINESS PLAN, tanpa business plan bisnis akan berjalan tanpa arah yang jelas.


Lalu, bagaimana dengan modal uang? Saya melakukan cara yang berbeda untuk mendapatkan uang yaitu dengan menggunakan business plan yang ada untuk mengikuti KOMPETISI bisnis, hasilnya? Ketika menang, bukan hanya eksposer media yang yang didapat tapi juga dapat tambahan uang. Selama dua tahun saya berkompetisi dan alhamdulillah memenangkan kompetisi tersebut berturut-turut, termasuk liputan media yang terus berdatangan karena dianggap memiliki bisnis unik dan tidak biasa.
Satu hal yang pasti, selain modal dan branding perusahaan, ILMU yang saya dapatkan selama berkompetisi merupakan ilmu yang tidak ternilai harganya.


Nah, masih merasa tidak punya modal untuk berbisnis?

No comments: