22 July 2014

Karyawan VS Pemilik Perusahaan

101-Virus
Kemarin saya diskusi dengan team Indscript Corp, Chika Ananda. Saya berpesan bahwa menjadi karyawan pun sejatinya harus menempatkan dirinya seolah-olah sebagai pemilik perusahaan. Kondisi itu akan memacu diri untuk menghasilkan yang terbaik dalam proses belajar dan berbisnis.

Pertanyaannya, apa yang perusahaan berikan ketika kita sudah melakukan yang terbaik apalagi kalau gaji yang diterima standar saja? ILMU, PENGALAMAN, dan PRESTASI yang akan diserap lebih banyak dibandingkan karyawan yang menjalankan roda hak dan kewajibannya dengan standar.
Pada akhirnya memang prestasi bukanlah mereka yang bisa mencapai target tapi mereka yang bisa MELAMPAUI target.


Terkenang kembali beberapa tahun silam pada saat kondisi Perusahaan saya sedang down, pesan saya pada karyawan adalah sebagai berikut, "tetaplah bekerja dengan sebaik mungkin, jikapun Indscript tidak bisa memberikan balasan yang setimpal, saya yakin akan banyak perusahaan lain yang membidik Anda dengan fasilitas lebih yang akan diberikan -- sebab mereka menghire karyawan terbaik. Atau mungkin jika memilih keluar dari Indscript, Anda bukan lagi melamar ke perusahaan lain tapi membangun perusahaan sendiri," kini, mayoritas dari alumni karyawan Indscript sudah benar-benar mengembangkan sayapnya menjadi entrepreneur. Alhamdulillah....

No comments: