MENGAPA COPYWRITING DIBUTUHKAN DALAM BISNIS
Jasa copywriting atau penulisan sama pentingnya dengan tim marketing, design iklan, dan arus keuangan di dalam bisnis. Salah satu strategi marketing mumpuni adalah lewat penulisan yang menarik. Tulisannya bukan sekedar memberikan informasi, tetapi mampu menggiring pembaca. Di bawah ini ada lima alasan mengapa harus menggunakan jasa copywriting.
Satu, karena tulisan mewakili image perusahaan. Dari penulisan kalimat runtun, penataan kata yang rapi, serta tidak banyak kesalahan penulisan, akan memberi dampak positif bagi citra bisnis tersebut di mata masyarakat. Ada cara bertutur tulisan tertentu yang seolah menempatkan diri berada di pihak pembaca sehingga meninggalkan kesan tersendiri. Hal tersebut, hanya terdapat dari sosok copywriter.
Dua, seorang copywriter memahami keinginan target konsumen. Copywriter tidak hanya sekedar menulis, tetapi membuat tulisan seolah dirinya sebagai pemakai produk atau jasa tersebut. Segala informasi penting yang konsummen butuhkan akan dipaparkan lewat tulisan. Baik berupa cerita yang secara halus menggiring ke penjualan, testimoni konsumen sebelumnya, sampai penulisan kontak perusahaan, dan masih banyak lagi.
Tiga, saat ini masyarakat mencari informasi lewat google, sementara proses pencarian umumnya.
menggunakan kata kunci. Di sini seorang copywriter akan membuat tulisan yang memuat kata kunci, baik itu seputar bidangnya, nama barang atau jasa, serta tagline perusahaan. Tidak jarang, calon konsumen justru mengetahui lewat kata kunci, yang menggiring masuk ke website perusahaan.
Empat, di naskah tertulis jelas mampu memberi solusi dari masalah yang ada. Di dalam tulisan akan menjelaskan persoalan yang ada di masyarakat, beruntung bertemu perusahaan tersebut memiliki solusi, baik itu berbentuk barang atau jasa. Lebih menarik lagi dijelaskan seputar benefit yang ditawarkan dalam rangkaian tulisan. Sehingga calon konsumen memahami secara detail lalu menjadi tertarik.
Lima, copywriter memiliki kata-kata yang menarik bagi calon konsumen. Di sini letak perbedaan tugas copywriter dengan penulisan lainnya. Ada kalimat yang secara tak kasat mata mampu menggiring pembaca agar melakukan pembelian barang atau penggunaan jasa sebuah perusahaan. Gaya tulisannya juga disesuaikan dengan minat karakter konsumen, kian memberi tembakan ke sasaran yang tepat.
Cukup banyak alasan seputar pentingnya menggunakan jasa copywriting. Beberapa perusahaan sudah merasakan peningkatan penjualan dari penulisan. Bagaimana mengemas sebuah tulisan yang menarik, bahkan berhasil mendorong konsumen melakukan action. Sebuah tulisan yang bukan sekedar kumpulan kata, tetapi memberi implikasi penting dalam perusahaan.
Nama saya, Indari Mastuti Rezky Resmiyati Soleh Addy, TAPI nama sepanjang ini sukar banget diingat, jadi nama pena yang saya gunakan dalam berbagai buku yang saya tulis adalah Indari Mastuti. Beberapa buku diantaranya menggunakan nama pena Bunda Nanit.
Hobi MENULIS sudah saya lakukan sejak SD, kelas 4 SD saya bercita-cita jadi PENULIS BUKU. Barangkali semangat inilah yang membuat saya akhirnya berjuang untuk mewujudkan mimpi ini.
Tahun 1996 mulai mempublikasikan tulisan di berbagai media cetak baik lokal maupun nasional. Tahun 2004 mulai menulis buku pertama dan akhirnya pada tahun 2007 saya merintis usaha agensi naskah dengan nama Indscript Creative ini, alhamdulillah, perusahaan itu mampu bertahan hingga kini. Bahkan sekarang berkembang menjadi dua lini inti, yaitu jasa copywriting dan training center. Nama Indscript sendiri telah bermetamorfosa menjadi Indscript corp.
Saat ini saya sudah menulis 61 judul buku serta 10 biografi tokoh di Indonesia.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment