29 January 2014

Resep Olah Stres untuk Perempuan ala Adjie Silarus


Sebetulnya saya sendiri tidak paham dengan meditasi itu apa, meskipun aktivitas meditasi sangat populer saat ini. Namun, saya kemudian menjadi lebih paham sedikit demi sedikit ketika berkenalan dengan Adjie Silarus.
Lelaki muda yang memiliki brand Meditator ini memiliki konsep “Sejenak Hening” yang memikat. Hingga suatu saat saya mengundangnya untuk datang ke tempat saya, sharing pada ibu-ibu yang berkumpul di rumah dengan konsep sejenak heningnya.

Nyatanya melakukan sejenak hening tidak semudah yang dibayangkan. Biarpun sejenak tapi mengkonsentrasikan diri pada satu keheningan bukanlah sesuatu yang gampang. Padahaaaal…padahal ternyata metode sejenak hening ini amat efektif bagi siapapun untuk menetralisir stres, terutama bagi perempuan yang rentan akan stres. 

Menenangkan pikiran, menekan stres ala Sejenak Heningnya Adjie Silarus bisa dilakukan dengan mengambil jarak antara stimulus dan respon. Sejenak Hening cukup dilakukan dengan waktu singkat yaitu 1 menit. Menurut Adjie, untuk pemula bisa menggunakan alarm untuk memastikan waktunya memang benar-benar 1 menit.

Berikut ini posisi tubuh yang digunakan. Pertama, ambil posisi duduk, boleh duduk di kursi atau alangkah baiknya jika bersila, posisi tubuh, terutama bahu tidak perlu tegang, rileks. Perlahan pejamkan mata. Usahakan ketika memejamkam mata ini, pikiran bernafas, artinya pikiran kita sadar benar kalau saat ini sedang menghirup nafas dan menghembuskan nafas. Inilah yang menjadi inti dari meditasi.
Biasanya, saat melakukan Sejenak Hening ini di detik ke lima hingga ke enam, akan mudah melakukannya. Namun di detik ke tujuh, biasanya pikiran akan mulai meloncat memikirkan yang lain-lain. Untuk menyikapi keadaan ini,  hadapi dengan senyuman dan menarik kembali pikiran kita. 

Sejenak Hening melatih kecerdasan emosi, sehingga kita, para perempuan bisa makin cerdas mengatasi stres, mengendalikan diri, dan juga nyaman setiap saat dalam berbagai kondisi. Coba SEJENAK HENING yuuuuuk…..

No comments: