23 January 2014

Muslimah Kosmopolitan LifeStyle!


Bertemu dengan perempuan energik ini karena kami sama-sama menghadiri kegiatan Kompas Gramedia di bulan Ramadhan tahun lalu. Kami berkenalan dan saling mempromosikan buku yang kami tulis. Dari awal bertemu, saya merasa perempuan luwes dan fashionable ini amat sesuai dengan buku yang ditulisnya yaitu buku hijab ^^

Setelah itu, seperti biasa bertukar pin bb. Entahlah meski sudah memiliki pin bb, komunikasi kami tidak lancar sama sekali. Kadang Indri menyapa saya, tapi saya yang lama menjawab. Kadang saya yang menyapanya, Indri lama menjawabnya. Ini sih sama saja dengan nggak usah bban sekalian J.
Terkoneksi kembali ketika saya menghadiri kopdar komunitas di Bogor dimana salah satu anggota komunitas mengenal beliau lantas mengajak saya berkunjung ke rumah Indri —- tapi lagi-lagi kami belum berjodoh :)

Meski begitu, entah kenapa saya merasa amat tertarik dengan sosok perempuan ini. Apalagi pesan di bbmnya selalu menggetarkan hati dan kemudian mata saya melotot dengan dua kata — Muslimah Kosmopolitan —

Well, apa ini? Penasaran deh saya ^__^

Menurut Indri, lifestyle atau gaya hidup sepertinya menjadi kata kunci untuk bisa disebut tidak ketinggalan zaman, pada zaman modern seperti sekarang ini. Lifestyle bisa juga disebut sebagai gaya atau pola hidup seseorang yang direflesikan di dalam aktivitas keseharian dalam minat, opini, hingga interaksi sosialnya.

Nah, menurutnya lagi, seorang Muslimah dan Kosmopolit dapat dikatakan, gaya hidup atau lifestylenya tidak bisa dipisahkan dari nilai-nilai keIslaman, kePerempuanan dan keModernan. Menjadi Muslimah Kosmopolit pastinya memiliki lifestyle yang khas dibandingkan dengan perempuan yang menikmati lifestyle tanpa dibarengi nilai-nilai Islam.

Boleh saja pemahaman mengenai gaya hidup atau lifestyle ini sama dengan konsep ataupun pengertian umum, namun di dalam Islam harus memiliki TUJUAN, CARA PANDANG dan CARA MEMAKNAI lifestyle yang berbeda dengan yang umum. Salah satu hal yang membedakannya adalah tujuan yang tidak hanya fisik, melainkan juga moral spiritual.
Bisa dibilang, cantik yang luar dalam dimiliki. Bukan hanya penampilan yang tercermin dengan menawan, namun juga keindahan kepribadian yang dimilikinya baik yang terasa sehat dan positif.
Akhirnya Muslimah Kosmopolitan dalam arti bebas adalah seorang muslimah yang berwawasan global, mengikuti gaya hidup masa kini, namun dengan cara dan gaya tetap syar’i.
Nah, apakah Anda salah satu dari Muslimah Cosmopolitan?

Mengenal Indriya R.Dani:
 
Muslimah kelahiran Bandung, 7 April 1975 ini, sejak kecil menyukai seni. Hingga sekarang seni dan bidang kreatif menjadi bidang yang paling diminatinya. Kegemarannya membaca terutama majalah sejak kecil, memberikan inspirasi menulis di berbagai bidang Islamic Life Style yang teramat dicintainya. Sesuai hobi dan minatnya, tulisannya pun sekitar Fashion, Traveling, Islamic Music, Etiket, Berkebun dan tema-tema gaya hidup lainnya. 

Selain menulis (karyanya sudah lebih dari 23 buku yang sudah beredar), bermusik (salah satu personil SaKina Voice), dunia fashion (pemilik label IRD) merupakan kecintaannya yang lain.
Karya pertamanya yang berjudul ”Panduan Pintar Haji dan Umroh”, masuk dalam jajaran best seller di toko buku dan sudah di copy right di Malaysia. Kali ini buku Islamic Knowledge &Lifestyle bertema Fikih Muslimah Kosmopolitan, menjadi salah satu karyanya. Menurutnya sebagai Muslimah dalam berkegiatan sekaligus berperan ganda, harus mengetahui dengan jelas bagaimana seharusnya bertindak, bertingkah laku, bertata krama dan aturan Islami lainnya sebagai seorang Muslimah.

 Kecintaannya pada gaya hidup Islami inilah, seolah terus diberikan ideNya, untuk berkarya menghasilkan buku Fikih Muslimah Kosmopolitan. Semoga dengan karya yang menjadi PASSION nya, yaitu Islamic Lifestyle, bisa menjadi sumbangan kecil untuk kemajuan Islam umumnya dan kemajuan Muslimah khususnya dimanapun.

No comments: