11 September 2006

Menjadi Lebih Baik

Laut tenang tidak menciptakan pelayar tangguh (Pepatah Afrika)

Hal ini mengingatkan aku akan perjalanan hidup yang aku alami sejak kecil.
Setelah beragam kesakitan, kekecewaan, dan kesedihan aku sempat bertanya pada Tuhan, “Layakkah aku mendapatkan semua ini?” tentu saja ketika aku tanyakan itu airmataku sudah turun deras bak air terjun dan badan lemas seolah tak memiliki penyangga untuk berdiri. Aku sempat kacau menghadapi semuanya!
Proses pencarian makna dari perjalanan hidupku ternyata juga tidak gampang. Orang seringkali menasehatiku bahwa, “semua akan berlalu, kamu hanya perlu bersabar.” Tapi mereka bukanlah orang yang berada ditempatku, jadi nasehat itu kuanggap angin lalu.
Untuk mengobati kekecewaan itu aku BERMIMPI dan MENULISKAN mimpiku. dua lembar penuh dalam diary tertulis mimpi yang ingin aku capai. Mengobati kekecewaan dengan berharap itu akan terjadi.
Sembari mencoba bersahabat dengan hidup, aku mencari cara untuk bertahan dan memperbaiki langkah.
Ajaib, semakin lama aku semakin ‘kuat’..jika dulu aku akan tersiksa sekian lama untuk satu cobaan, lambat laun siksaan itu terus berkurang seiring keyakinanku akan mimpi-mimpiku. Aku berubah dalam segala hal, aku belajar dari apapun, dan aku bersyukur ternyata kekecewaan itu membuatku terus menumbuh dan tumbuh.
Ajaibnya lagi, MIMPIku yang kutulis satu per satu terwujud!!!!
Beberapa diantaranya bahkan hanya tinggal menunggu waktunya dan aku sedang berjalan ke arahnya.
Kini,
Setiap aku marah, aku menetralisirnya dengan, “Sudahlah tidak penting siapa yang melakukan kesalahan, yang penting adalah bagaimana memperbaiki kesalahan.” dan karena itu aku mencoba untuk belajar dari hari ke hari.
Setiap aku merasa kecewa, aku menetralisirnya dengan, “ Sudahlah tidak penting siapa yang membuatku kecewa, yang penting adalah bagaimana supaya aku tidak membuatnya kecewa.”
Dan karena itu aku mencoba mulai berhati-hati dalam bersikap
Terakhir, setiap apapun yang terjadi aku selalu menjadikannya sebagai MOTIVASI menjadi lebih baik dan terus lebih baik. Semoga Tuhan memberi kekuatan untuk menjalankan semua secara konsisten. Amin

“Tidak penting siapa yang TERBAIK, yang penting adalah siapa yang selalu menjalankan harinya dengan LEBIH BAIK.”

Jakarta, 11 November 2006

No comments: