26 August 2006

TIPS Buat kamu kalo lagi....................

  1. MARAH

Doa

Tuhan berilah aku

Keihlasan untuk menerima hal yang tidak dapat kuubah

Keberanian untuk mengubah hal yang dapat kuubah

Dan kebijaksanaan untuk dapat mengerti perbedaan antara keduanya

Reinhold Niebuhr

Kadang kita marah dengan keadaan diri kita. Penyesalan menyeruak terus menerus. Kita marah bahkan kita ingin Tuhan tahu bahwa kita marah padaNya, marah pada kondisi diri yang tidak memuaskan. Marah dan kecewa akan sangat mungkin terjadi pada manusia, sebab manusia memiliki keinginan yang tak terbatas. Misalnya saja aku, keinginanku terus berubah setiap waktu. Pada awal karier menulis rasanya aku sudah cukup puas jika tulisanku di muat di koran lokal, setelah itu keinginanku bertambah dengan ingin masuk ke media nasional, setelah menulis buku tergiur menulis skenario, dan aku yakin kelak keinginan itu akan terus berkembang. Tapi, keinginan itu akan berjalan baik jika aku menyeimbangkannya dengan kemauan dan kerja keras dan tentu saja aku harus sabar dengan proses yang harus kulalui tanpa rasa marah.

Biasanya kemarahan diikuti dengan kecemasan. Walaupun kemarahan bisa lebih sederhana dan bersifat langsung tetapi sesungguhnya merupakan salah satu emosi yang lebih rumit.

Beberapa saran yang bisa kamu lakukan ketika kamu marah :

  1. Menangislah. Biarkan airmata secara perlahan mengikis marahmu
  2. Bicaralah. Biarkan orang tahu bahwa kamu sedang menghadapi tekanan dan biarkan mereka memelukmu untuk membuatmu tenang
  3. Menulislah. Biarkan tanganmu bergerak menuliskan kekecewaanmu dengan jujur. Biarkan tulisan itu menjadi awal terlepasnya beban itu.
  4. Mandilah. Biarkan air dingin menyiram tubuh dan pikiranmu yang sedang bergejolak.
  5. Pakailah pakaian yang membuatmu merasa sangat nyaman.
  6. Tidurlah untuk beberapa saat dan biarkan pikiranmu beristirahat sejenak

Setelah itu

  1. Buatlah inventaris dirimu selengkap mungkin
  2. Kumpulkan pujian yang penah kamu terima dan jadikan motivasimu untuk melangkah
  3. Kumpulkan hinaan yang pernah kamu terima dan yakinkan diri bahwa hinaan itu tidak akan kamu terima lagi sebab mulai detik ini kamu akan melakukan sesuatu untuk mengubah hinaan menjadi tambahan pretasimu
  4. Mulai saat ini, jangan membandingkan dirimu dengan orang lain sebab kamu sendiri yang memberikan penilaian, harga diri, dan standar sendiri
  5. Selalu gunakan kalimat yang mendorong, memotivasi dan menyakinkan pada diri sendiri bahwa “KAMU UNIK” dan keunikan itu akan kamu gunakan untuk menjadi lebih baik setiap waktunya

Saya percaya bahwa anak kecil dari kita yang terabaikan terluka di masa lampau ini adalah sumber utama dari kesengsaraan manusia

John Bradshaw

  1. KHAWATIR

Dalam diriNya Tuhan adalah sempurna

Tetapi bagi kita, Tuhan harus dilahirkan terus menerus

Teilhard de Chardin

Dalam kondisi serba terbatas kita begitu khawatir untuk menjalani hari ini apalagi mebayangkan hari esok. Kita mengkhawatirkan apapun hingga jantung kita berdetak begitu cepat.

Tidak perlu khawatir, Tuhan sudah menyiapkan segalanya untuk kita, kita hanya tinggal mencarinya. Masa lalu merupakan sejarah hidup sedangkan masa kini dan nanti adalah masa di mana kita bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. Terimalah kondisi kita tanpa ragu bahwa itulah yang terbaik yang bisa kita manfaatkan. Jadikan kekurangan sebagai motivasi menuju kesuksesan.

Ayo, kaitkan tujuan hidup setinggi mungkin dan mulailah mengatur langkah meraihnya daripada hanya terduduk menyimpan kekhawatiran yang belum tentu menjadi kenyataan. Bukankah pepatah bijak mengatakan bawa hari ini harus lebih baik dibandingkan kemarin?

Beberapa saran ketika kamu merasa khawatir :

  1. Tariklah nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan
  2. Minumlah air putih dan rasakan kesegarannya dalam dirimu
  3. Tuliskan apa yang membuatmu khawatir dan cermati lagi
  4. Yakinkan diri bahwa kekhawatiran itu tidak akan terjadi sebab kamu akan menyusun langkah yang bagus untuk menolaknya
  5. Tuliskan langkah-langkah itu dan yakinkan diri bahwa kamu akan menjalankan langkah itu dengan konsisten
  6. Percayalah semua kekhawatiran itu tidak akan terjadi seburuk yang kamu pikirkan ketika kamu sudah berusaha untuk selalu melakukan yang lebih baik –setiap hari-

Ketika kita melihat betapa lucunya kita, kita melihat betapa berharganya kita

Anne Wilson Schaef

  1. SEDIH

Hari kelabu

Tuhan, dalam hidup kamu

Ada hari-hari dimana

Beban yang kami bawa terlalu menekan diri

Jalan-jalan gersang dan tampak tak berujung

Langit gelap dan menakutkan

Hidup lengang tanpa musik

Hati sepi tanpa gairah

Jiwa tanpa semangat

Dalam keadaan demikian berilah kami keyakinan

Di balik awan gelap matahari tetap bersinar

Anonim

Sedih? Hem bukan cuman kamu yang pernah merasakannya, aku pun merasakannya. Bahkan kita semua bisa merasa sedih karena hal-hal kecil, apalagi ini menyangkut sesuatu yang besar dalam diri kita –ketidakpuasan- namun tentu saja ketidakpuasan bisa jadi alasan kita memaklumi diri untuk terus menerus bersedih.

Wajah yang sedih, hati yang sedih akan berimbas pada semangat kita dalam hidup. Kesedihan yang terpancar dalam diri bisa memangkas habis semangat kita untuk bergerak maju.

Kesedihan bisa kumaklumi namun pada jangka waktu yang normal sebab akhirnya kita sendiri yang harus mengendalikan kesedihan kita. Tentu saja, aku tidak akan pernah mau menggadaikan masa depanku hanya karena kalah bertarung dengan kesedihan.

Pengelolaan kesedihan itulah yang akhirnya harus kita miliki. Ketika kita merasa sedih maka kita harus segera mengendalikannya dengan cepat. Jangan terkurung oleh kesedihan!

Beberapa saran ketika kamu merasa sedih :

  1. Menangislah sebentar lalu berteriaklah
  2. Minumlah susu hangat untuk menetralisir ketegangan dalam tubuhmu lalu tidurlah sejenak
  3. Kunjungi sahabatmu dan bersenang-senanglah dengannya
  4. Pergilah ke tempat yang bisa membuatmu tenang, misalnya kebun teh atau pegunungan
  5. Renungilah bahwa hidup ini bukan untuk diratapi tapi untuk diperjuangkan
  6. Tontonlah film komedi dan tertawalah
  7. Bacalah komik-komik lucu dan tersenyumlah
  8. Kamu harus menyakinkan dirimu bahwa kesedihan tidak akan menyelesaikan masalahmu! Yang harus kamu lakukan adalah BANGKIT dan berjalanlah ke arah masa depan

Aku adalah diri aku sendiri ditambah keadaanku

Dan jika aku tidak menyelamatkannya,

Aku tidak dapat menyelamatkan diriku sendiri

Jose Ortega Y Gasset

  1. CEMAS

Kita tidak dapat menghalangi

Burung-burung kesedihan melayang-layang di atas kepala kita

Tetap kita dapat menghalangi mereka

Membuat sarang di kepala kita

Peribahasa Tiongkok

Pikiran dan perasaan cemasmu memang bukan datang dengan sendirinya, kecemasan itu berdasarkan alasan yang sudah kamu miliki, berasal dari ketidakpuasan yang ada pada dirimu.

Ketika ketakutan tidak dapat diredam terlebih kita merasa tidak dapat mengatasinya dan sulit mengendalikan maka kita akan mengalami kecemasan (anxiety) dan kecemasan akan membuat kita berada dalam keadaan tidak menyenangkan.

Beberapa keyakinan ‘salah’ yang memicu rasa cemas :

ü Aku membuat diriku tampak bodoh

ü Aku tidak akan pernah meraih prestasi apapun dengan keadaanku

ü Prospek hidupku sangat suram karena kemiskinan ini

ü Hidupku seperti laying-layang putus yang terbang tanpa tujuan

ü Aku tak punya uang dan tak bisa membiayai diriku sendiri

ü Kondisi hidupku tak memadai dan aku berharga untuk menjadi siapapun

ü Aku memang tak berguna

Well, kenapa sih kamu begitu cemas dan memperburuk keadaan dengan keyakinan itu? Padahal hal paling baik yang bisa kamu lakukan adalah berteman dengan keadaan dan secara kompak melakukan sesuatu yang lebih baik.

Sebenarnya jika saja kamu menyadari bahwa banyak orang yang mengalami ketidakpuasan sepertimu namun karena tingkat keyakinan dan harapan setiap orang itu berbeda-beda maka tidak semua orang mengalami kecemasan sepertimu. Tidak semua orang memberikan reaksi yang identik dengan situasi yang sama. Kamu seharusnya memilih untuk lebih tenang berada posisi ketidakpuasan ini namun karena kamu memanjakan rasa kecewa itu mengakibatkan kamu menjadi cemas apalagi jika kamu merasa tumpul untuk menyelesaikannya.

Bagamana masalah yang tidak terpecahkan terus menerus akan menimulkan rasa cemas[1]

Pencemas menyadari suatu masalah

Hal ini menyebabkan rasa cemas

Keputusan diperlukan untuk menyelesaikan masalah

Pencemas gagal memilih rencana yang tepat




….karena tidak pernah ada cukup bukti yang tersedia yang menjamin bahwa suatu rencana tertentu itu benar-benar tepat

Masalah itu tetap ada

Yang menimbulkan rasa cemas yang lebih lanjut

Kamu cemas kalau :

ü Tidak dapat berkonsentrasi pada apapun yang kamu lakukan

ü Walaupun kamu mencoba berkonsentrasi, kamu tetap tidak dapat menghilangkan pikiran-pikiran buruk yang semakin kuat dan semakin kuat setiap waktunya dalam artian kamu tidak bisa mengendalikan pikiran burukmu

ü Kamu tidak bisa tidur nyenyak bahkan mungkin mengidap susah tidur (imsomnia)

ü Kamu jadi mudah marah tanpa menyadari apa yang sedang terjadi

Beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika kamu berada pada posisi tidak menyenangkan agar kecemasan itu tidak berlarut-larut :

ü Mengembangkan sikap positif terhadap segala kegelisahan dan rasa cemas agar kamu dapat mengendalikan perasaan itu dan mengurangi tekanan. Cobalah melihat setiap masalah dari sisi positif dan mengambil beragam manfaat dari keadaan

ü Cobalah untuk berpikir lebih santai, teruslah berlatih untuk bersikap lebih rilek salah satunya adalah dengan memperbanyak tertawa

ü Ubahlah sikapmu dalam memandang masalah dan mengelola cemasmu karena kecemasan cenderung akan memperburuk keadaan

Allah menciptakan kamu dan apa-apa yang kamu kerjakan

(QS. Ash-Shaffaat, 37 : 96)



[1] Frans Tallis. Mengatasi Rasa Cemas. Arcan. Jakarta. 1991

No comments: