21 December 2005

Ayo dong BERKOMUNIKASI

"Permudah segala urusan, jangan dipersulit dan ajaklah dengan baik, jangan menyebabkan orang menjauh." (HR. Al Bukhari)

Kita seringkali mengalami miskomunikasi alias kesalahan dalam berkomunikasi. Apa yang kita komunikasikan tidak tepat disampaika. Jadinya? Berabe! Banyak orang tersinggung gara-gara kesalahan itu.
Tak jarang kesalahan itu begitu jauh sehingga menimbulkan kekacauan atau bahkan menggelikan. Tak jarang kesalahan berkomunikasi mengakibatkan permusuhan, menimbulkan keributan, singgungan yang tak perlu. Uuuuh, kenapa berkomunikasi itu sedemikian penting untuk kita. Bahkan niat yang baik belum tentu bisa menjadi baik ketika salah menyampaikannya.
Kesalahan demi kesalahan terus terjadi jika kita tidak mempelajari keterampilan berkomunikasi. Kenapa ya tema yang sama bisa menghasilkan dua hal yang berbeda ketika disampaikan oleh orang yang berbeda. Yup, semua karena cara berkomunikasi yang berbeda!
Kemudian Indonesia yang berbhineka Tunggal Ika pun memiliki banyak sekali cara orang untuk berkomunikasi. Gaya berkomunikasi orang jawa beda banget dengan orang batak, orang Bali beda juga dengan orang makasar. Well, mungkin warna Rambut boleh sama hitam tapi isi kepala tetap beda bho!
Tapi apapun alasannya adalah satu kebanggaan ketika kita mampu bercakap dan berkomunikasi dengan baik dimanapun dan kapanpun. Misalnya seperti Irin yang terpilih menjadi juara debat seSMU di jabar karena kecakapannya berbicara dalam membahas peristiwa-peristiwa actual, persoalan-persoalan dalam kehidupan, serta berbagai pokok percakapan yang bermutu.
Komunikasi adalah seni dan dengan cara berkomunikasi kitalah orang lain bisa menilai diri kita.

Prinsip berkomunikasi efektif :
Kita harus belajar menghadapi orang dengan cara yang sesuai dengan orang kita hadapi. Maksudnya kita harus menyesuaikan cara dan bahan pembicaraan kita dengan kerangka pemikiran teman kita bicara. Memang tidak mudah, tapi harus dicoba tuh!
Jangan asbun alias asal bunyi. Pikirkan dengan matang tema yang akan kita bicarakan dan pikirkan juga bagaimana mengolah kata-katanya supaya menjadi singkat dan tepat
Jangan berbelit dalam mengemas suatu pembicaraan karena itu akan membosankan lawan bicara
Latihlah diri untuk selalu melakukan komunikasi secara sopan dan menarik. Banyak buku yang bisa kamu baca untuk memperluas wawasanmu. Ingat salah satu strategi bergaul adalah berkomunikasi dengan baik.

No comments: