21 September 2005

Self Understanding…

Mereka yang bodoh ingin menguasai dunia, tetapi orang yang pintar dan bijak ingin menguasai dirinya sendiri. Sejarah membuktikan kebenaran pepatah kuno ini. Pada dasarnya, menguasai diri sendiri merupakan titik tolak dari setiap filosofi, kebajikan, ajaran, dan tuntutan praktis bagi kehidupan.
Untuk bisa menguasai diri, kita harus terlebih dahulu memahami diri sendiri (self-understanding). Kita harus memahami beberapa hal yang mendasar mengenai diri kita, antara lain tentang : kelemahan, kekuatan, karakter dasar, bakat, kebiasaan, perilaku, core beliefs, self-interest, kecenderungan respons terhadap perubahan, dan seterusnya.
Self-understanding membantu mengetahui tingkah laku dasar Anda. Pemahaman terhadap diri sendiri juga akan membantu Anda menghargai kekuatan-kekuatan Anda serta menyadari kelemahan-kelemahan Anda. Self understanding akan memudahkan Anda memosisikan diri (self-positioning) dalam tatanan dan system nilai yang ada di lingkungan Anda. Self understanding akan menghindarkan Anda dari kesalahan-kesalahan sepele yang cukup mengganggu kehidupan sosial Anda dan yang paling penting adalah self-understanding yang sesuai akan mengetahui kesalahan yang Anda lakukan. (Diadaptasi dari buku HOW To Make Your Life More Easy n Productive – Linda Bradford)

No comments: