07 September 2005

Pandangan Negatif untuk Anda, mau diapakan?

SALAH SATU SIFAT MANUSIA YANG HINGGA KINI MASIH MEWARNAI PERGAULAN ADALAH SESEORANG LEBIH MUDAH DAN MENYENANGKAN HAL-HAL YANG NEGATIF TENTANG ORANG LAIN DARIPADA YANG POSITIF. (Parlindungan Marpaung)

Dalam melakukan segala sesuatu tak lepas dari pandangan positif dan negatif dari orang lain. Tinggal bagaimana kita menanggapi segala isu negatif yang menerpa. Sayangnya memang, terkadang pandangan-pandangan negatif lebih cepat menyebar dibandingkan pandangan-pandangan yang positif.
Banyak kasus menghancurkan nama baik orang lain yang telah dicapai sejak lama hanya karena melakukan kesalahan satu kali. See, kebaikan kita seumur hidup akan langsung menguap saat secara sadar atau tidak satu kesalahan kita lakukan.
Tapi, itu semua tergantung dari sikap kita menyikapi berbagai pandangan negatif orang lain. Bagi sebagian orang pandangan negatif yang diterima bisa mematikan motivasinya untuk berkembang secara optimal tapi bagi sebagiannya lagi pandangan negatif justru memacu untuk membuktikan ‘sesuatu’ agar menjadi sesuatu.
Saran saya, ada baiknya segala pandangan negatif kita abaikan jika tidak mampu menjadikannya sebagai lecutan untuk lebih baik di perusahaan, keluarga, maupun masyarakat. Tapi jika, Anda sudah merasa mampu menjadikan pandangan negatif itu menjadi sarana belajar yang efektif untuk memacu Anda terus berkembang. Dengarkanlah! Lantas? Evaluasi kesalahan Anda!Jika Anda tak merasa bersalah, biarkan pandangan itu memudar sejalan dengan waktu. Bersabarlah!

No comments: