07 September 2005

Modal Awal Bergaul….!

Sepertinya masuk akal jika modal awal bergaul adalah hati yang positif dan bersih. Kenapa? Terbayang kan jika dalam pergaulan yang heterogen karakteristik kita memiliki bayangan-bayang buruk mengenai tindakan setiap orang. Puiih, dijamin stress yang ada! Jadi, daripada stress mendera lebih baik urungkan niat untuk bergaul. Diam lebih baik!
Dan sungguh, banyak sekali harga yang harus dibayar untuk sebuah pergaulan walau kita sudah membentenginya dengan hati yang positif dan bersih. Dalam pergaulan Anda akan bertarung dengan perbedaan sikap, keyakinan, pola pikir, status sosial, jabatan, usia, hingga yang paling terlihat adalah perbedaan bentuk fisik. Anda akan bertaruh untuk membela keyakinan yang Anda anggap benar, walaupun harus menabrak orang yang jauh lebih tinggi jabatan dan pangkatnya, Anda juga akan mengumpulkan kekuatan untuk bisa tersenyum pada orang-orang yang mungkin telah sebegitu parah menyakiti Anda. Percayalah, perbedaan-perbedaan itu hanya ada di dunia ini. Bagi Tuhan, manusia itu sama, yang berbeda hanya tingkat keimanannya.
Semoga disamping hati yang positif dan bersih, kita juga selalu berusaha meningkatkan keimanan untuk lebih percaya diri dalam bergaul. Selamat bergaul!

No comments: