16 August 2005

Mengeluh, bolehkah?

Pertanyaan saya adalah mana yang benar. Sabar itu ada batasnya atau sabar itu tak berbatas?
Oke, semua punya jawaban masing-masing. Salah satu sahabat saya akhirnya memutuskan sesuatu yang fatal karena merasa batas kesabarannya telah habis. Sementara sahabat saya yang lain masing adem ayem saja ditempa gejolak masalah, “sebagai manusia sabar memang tak berbatas.” Begitu katanya. Bagaimana dengan Anda?
Sebenarnya saya bukan tipikal orang yang suka mengeluh, bukan pula orang yang cepat putus asa, Tapi entah kenapa akhir-akhir ini saya menjadi orang yang seringkali mengeluh? Apakah karena batas kesabaran telah habis atau karena saya menjadi sedemikian bodohnya mengelola hati.
Terlepas dari masalah Anda dan saya. Sesungguhnya, sikap mengeluh ternyata banyak membawa dampak negatif dan bukan tindakan yang arif. Semakin banyak keluhan, semakin berat beban yang kita rasakan. Berbekal dari sana, hari ini saya membulatkan tekad. Insya Allah, apapun yang terjadi, apapun yang saya alami, semoga tidak ada keluhan lagi. Semoga setiap waktu saya bisa belajar dari segala hal, walau hal itu hanya seujung kuku!

No comments: