20 August 2005

Dua Keberhasilan Marketing!

Banyak perusahaan menganggap bahwa keberhasilan Marketing seputar statistik penjualan personal yang menjalankan profesi sebagai Marketing. Sebenarnya ada dua sisi mata uang yang membuat seseorang dianggap sebagai Marketing handal. Sisi pertama, adalah keberhasilan membangun ‘brand image’ produk. Lalu yang kedua, baru bicara statistik.
Untuk tahapan awal rasanya yang perlu ditekankan adalah kemampuan Marketing menjual nama produk alias brand image. Jadi, kita tak perlu ngoyo masalah target jika Marketing itu sendiri tak mampu mengkomunikasikan produk dengan baik. Keberhasilan itu dicapai oleh operator CDMA Esia, pada awal kedatangannya di dunia telekomunikasi langsung mengena di hati masyarakat dengan yel-yelnya “Bukan Argo Kuda!” setelah keberhasilan brand image dicapai baru kita akan bicara masalah statistik. Saya yakin, kekuatan brand image akan melekat sepanjang masa.
Latah brand image sebenarnya ada di mana-mana. Bicara air kemasan, akan ingat “AQUA”; bicara pasta gigi, akan ingat “ODOL” ; bicara detergen, akan ingat “RINSO” ; bicara shampoo, akan ingat “SUNSILK” ; bicara (maaf) pembalut wanita, akan ingat “SOFTEX” serta banyak brand image yang berhasil dibangun oleh perusahaan yang berpikir maju. Mari bicara terkomunikasikan produk di lapangan dengan sukses, bukan sekedar memaksa masyarakat memilih produk kita karena memang tak ada pilihan lain! Bicara Brand Image, maka kita bicara statistik.

No comments: