28 July 2005

Lingkungan Baru, Adaptasi lagi deh..!

Kehidupan saya sejak sejak lulus SMA memang habis untuk berkeliling ke sana kemari. Pulau pertama yang saya kunjungi adalah pulau BALI. Saat itu saya bekerja sebagai Jurnalis di sebuah tabloid, dan kini hampir sebelas bulan saya mengalami kembali perjalanan dari satu kota ke kota yang secara intens. Ya, sebagai seorang Marketing, saya dituntut untuk bisa beradaptasi di semua lingkungan, tanpa kecuali.
Setiap wilayah memang unik. Setiap orang juga unik. Perjalanan dari satu kota ke kota yang lain menyisakan banyak pengalaman, pelajaran, dan kenangan menyenangkan.
Jujur, salah satu kota yang paling saya sukai memang Yogyakarta. Selama bertugas, beberapa kali mampir ke kota ini. Selain memiliki culture budaya transisi dari tradisional ke modern (saya harap tidak bergeser ke modernisasi yang terlalu berlebihan). Yogya masih sarat dengan adat istiadat yang kental melekat.
Contohnya, peraturan jam berkunjung. Di tempat kost saya, jam berkunjung dibatasi. Pagi jam 08.00-12.00, malam 18.00-21.00. Jangan pernah berharap bisa melanggar karena pak RW/RT bisa langsung menegur si pelanggar.
Kesederhanaan sangat menonjol di Yogya. Pola hidup, pola sikap, bahkan pola makan dan banyak hal lain yang sejalan dengan waktu membuat saya semakin ‘mirip’ dengan kebiasaan orang Yogya. Hahaha…
Adaptasi berarti kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan (baru). Dan semakin banyak kita mengunjungi lingkungan baru semakin banyak kita dituntut untuk pintar beradaptasi. Semoga saya bisa!

No comments: