29 ALASAN KONSUMEN PHP-IN KAMU

 Sering ketemu konsumen yang tanya-tanya melulu tapi nggak kunjung mutusin mau beli apaan, atau sudah bilang mau beli ini itu tapi nggak transfer-transfer, gimana dong? Capek rasanya berbisnis kalau ketemunya konsumen yang doyan PHP-in terus. Eit, coba evaluasi dulu penyebabnya, bisa jadi:

1. Yang namanya calon konsumen ya wajar lah tanya-tanya dulu, eh kamu jawabnya malah ngegas, ya kaburlah dia
2. Kamu neken dia buat beli
3. Baru tanya sekali, eh kamu sudah tanya: jadinya mau beli yang mana?
4. Kamu hobi chat mereka tapi isinya: kapan transfer? Gitu aja terus sampai bikin mereka ilfeel
5. Setiap ada yang tanya-tanya, kamu jawabnya pendek kayak nggak suka ditanyain terus gitu, ya mereka malas ah sama kamu
6. Dia nggak kenal kamu jadi santuy aja sih dia lari dari janji juga hahaha
7. Kamu nggak suka berteman sama konsumen jadinya mereka cuek lari gitu aja
8. Jangan-jangan kamu nggak ngasih batas transfer jadi dia menunda
9. Kamu nggak belajar teknik follow up biar nggak jadi korban PHP lagi
10. Kamu nggak kasih batasan keep barang. Misalnya: 2x24 jam tidak transfer maka dianggap cancel
11. Kamu nggak belajar cari ingetin transfer itu ada cara cantik, biar nggak bikin mereka bete
12. Kamu bukan orang yang banyak teman. Coba kalau banyak teman, pasti santai aja kalau Si A nggak beli, masih ada Si B sampai dengan Si Z dan yang lainnya
13. Kamu nggak asyik pas chatting jadinya konsumen malas ah beli di tempatmu
14. Kamu nggak belajar gimana secara “halus” menggiring mereka merasa bersalah nggak cepat transfer akhirnya langsung transfer deh
15. Produkmu B aja alias biasa, jadi nggak perlu ah buru-buru transfer
16. Cara jualanmu sama dengan lainnya, jadi mereka suka lupa pernah order di tempatmu, so tonjolkan value kamoh
17. Kamu pelit sama calon konsumen, misal nggak pernah bikin give away, jadinya mereka pelit mau transfer juga hahaha
18. Kamu nggak suka kasih bonus, jadinya mereka mungkin cari pedagang lain yang suka kasih bonus
19. Jangan-jangan kamu nggak nyimpen kontak mereka, jadinya nggak tahu siapa aja yang belum transfer?
20. Kamu nggak pernah menyapa mereka, meski hanya tanya kabar itu bentuk perhatian kepada konsumen lho
21. Kamu nggak pernah bagi-bagi info promo ke konsumen, padahal mereka suka promo lho
22. Kamu balas chatnya lama. Tidak apa-apa sih, asal jelas jam berapa slow respon dan jam berapa fast respon ya
23. Kamu buru-buru bilang si dia konsumen PHP, padahal baru 6 jam belum transfer, ya kasih waktu lah minimal 24 jam
24. Kamu nggak tegas, kalau maksimal harus transfer 24 jam ya tegas dianggap cancel, jangan ditanyain melulu
25. Ada konsumen yang nggak bakal mau PHP-in kamu, itu kalau kamu mau bersahabat dengan mereka karena pasti ada rasa malu mau PHP
26. Jangan buru-buru bilang mereka PHP, coba cek statusnya, jangan-jangan pas lagi sakit?
27. Mungkin pernah ketemua sama konsumen PHP, tidak apa-apa, pasti masih lebih banyak konsumen yang anti-PHP kok
28. Jangan buru-buru bilang mereka PHP karena kamu sebagai pebisnis bisa kok terhindar dari PHP kalau tahu polanya
29. So, melihat konsumen PHP ya cuek aja, mending fokus ke yang lain yaaaa
Dari sahabatmu,
Indari Mastuti
Mamak-mamak yang suka ngomel di facebook (ngomel positif dooong)
Founder Indscript Creative
Founder Indscript Businesswomen University (IBU)
Founder BUKUIN aja!
Co Founder Kunikita
Mentor Sebu
Mentor Beenpink
Mentor INI Juslem
Gambar mungkin berisi: 1 orang, teks yang menyatakan 'PHP itu jangan dimasukin ke hati, tapi jadikan introspeksi diri aja In'

32

No comments:

Post a Comment