JANGAN MALU PANEN RECEHAN

Yes bentar lagi saya akan panen!
Entah ini panen keberapa TETAPI kegiatan menyimpan recehan ini sudah bertahun-tahun saya lakukan
PERNAH dalam satu celengan besar berbentuk kodok saya bisa mendapatkan recehan senilai 1.6 jutaan
SEPERTINYA SIMPLE ya, masukan recehan dalam sebuah botol bekas, TAPI luar biasa loh awalnya KERJA KERAS untuk DISIPLIN
Pernah juga dalam satu celengan yang bukan receh saya bisa memanen sekitar 99juta 🙂 dan itu buat BAYAR UTANG hahahahaa
RECEH atau bukan RECEH tetep butuh KOMITMEN dan KONSISTENSI untuk menabung ala kampungan ini #saya sebut kampungan karena emang banyak pola menabung yang bisa dilakukan, tapi saya sukaaaaa banget pola ini 🙂
Setelah utang pada lunas, si celengan ini jarang punya nama, biasanya celengan diberi nama pemberi utang dan jumlah utang hehehe
Sekarang celengan yang dipanen nyaris tak bernama dan biasanya akan saya dan suami alokasikan untuk INVESTASI atau MODAL BISNIS
Jangan malu manen recehan, ini juga kan uang!
Nah, saya mau kasih TIPS ah buat yang mau mulai nabung ala-ala gini:
1. Gunakan celengan bisa apa saja jenisnya, saya sih pakai celengan plastik atau bekas air minum kayak gini (atau bisa juga kaleng bekas kue)
2. Mulai dengan TEKAD yang kuat untuk DISIPLIN dan jangan cheating celengan sebelum penuh
3. Jadilah PETANI, yang sabar memanen namun tak pernah lelah memupuk (mupuk disini adalah mengumpulkan recehan demi recehan di rumah bukan buat jajan tapi langsung masuk celengan)
4. Kalau memang Anda sendiri punya TARGET tertentu atau alokasi celengan boleh diTULIS aja di celengan alokasi buat apa dan berapa jumlah yang musti dipanen
5. BERGABUNG sama komunitas yang gaya hidupnya lebih sehat jangan yang bikin panaas ati dengan gaya hidup wah, bisa-bisa Anda ngorek celengan muluhehehee
6. Lebih berhemat biar bisa nyelengin hahaha
Oke selamat memulai lahan baru buat manen recehan
Love
Indari Mastuti

No comments:

Post a Comment