PESAN BUAT PENULIS



Kemarin malam saya dikunjungi oleh kordinator wilayah komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis - Interaktif wilayah Yogyakarta, mak Irfa Hudaya Ekawati
Obrolan kami hangat sekali dengan tema besar IIDN menuju 2020 mau ngapain?
Melanjut obrolan pada pengalaman saya memulai profesi jadi penulis
Saya mengatakan bahwa di awal karir penulisan saya melupakan dulu *berapa uang yang akan saya dapatkan?* Saya fokus pada *berapa karya bisa saya hasilkan?*
So saya brutal urusan karya
Saya terus menulis dan juga terus membaca
Mengalokasikan waktu menulis setiap hari di samping bekerja di sebuah perusahaan
Saya terus pedekate penerbit dimana-mana termasuk penerbit di Yogyakarta
Saya kirimkan naskah tanpa henti
Selain itu saya siapkan juga:
Mental positif agar tidak down saat naskah ditolak
Mental pejuang agar tak mudah menyerah
Mental berani agar pede aja jebolin naskah ke penerbit meski pemula
Hasilnya?
Entah berapa banyak naskah yang ditolak
Entah berapa banyak naskah tanpa kabar
Entah berapa banyak royalty nggak dibayar
Tapi...
Saya tetap menulis dan menulis
Saya siapkan diri menghadapi pahit manis dunia penerbitan buku tanpa drama
Tetap menulis sejarah
Tetap bersemangat meski tak semua manis
Kini di dunia penulisan buku sudah 15 tahunan dan semangat tetap menyala meski tak terhitung dukanya dan tak terbendung sukanya
Daaan....
Menuju 2020 insyaAllah saya ingin memberi pesan pada para penulis
1. Tetaplah menulis meski naskahmu ditolak. Jadikan penolakan modal awal perbaikan menulis
2. Tetaplah menulis meski mendapatkan kenyataan pahit di dunia penulisan sebab menulis toh buat sejarah kita sendiri bukan demi orang lain
3. Gunakan keahlian menulis untuk kebaikan, jangan dijadikan senjata menyerang orang lain, mengkritisi berlebihan, dll. Anggunlah memberikan opini
4. Konsistenlah menulis setiap hari dan jangan lupa terus membaca tulisan orang lain
5. Terus asah kemampuan menjual bukan hanya menulis, jika memang menulis mau jadi profesi
Semoga bermanfaat...
Salam menulis,
Dari tukang nulis hehehe

No comments:

Post a Comment