Bisnis untuk Mengisi Waktu Tapi Omzet Tetap Melesat


Wina Virtiani mengaku berbisnis untuk mengisi waktu luang karena tujuan utama tetap sebagai istri, ibu, dan hamba Allah SWT. Meski begitu, justru bisa melesat hingga mengalami kenaikan omzet mencapai 4951%. Bisnisnya yang bergerak di bidang fashion dengan nama toko online Asma Gallery ini, melakukan optimasi WA ala emak-emak di kelas bisnis BOW. Ia pun berbagi resep hingga bisa closing dari WA.

Sebenarnya, Emak kelahiran Jakarta ini sudah mulai berjualan sejak anak pertama berusia 2 tahun atau sekitar tahun 2011 lalu. Saat itu, ia ingin mencari gamis untuk anak-anak hingga bertemu suatu brand yang memproduksi gamis anak. Sejak saat itu, ia bergabung menjadi reseller karena sudah paham kualitasnya. Tapi sekitar setahun berikutnya, lahirlah anak kedua sehingga tidak melanjutkan bisnisnya. Bahkan ketika anak ketiga lahir yaitu tahun 2014, ia belum berani berbisnis lagi karena mengurus semuanya sendiri dan masih merasa kerepotan. 

Baru sekitar sekitar bulan Mei 2018 lalu, Emak yang ulang tahun setiap tanggal 28 Agustus ini mendaftarkan diri sebagai RCA atau Reseller Cantik Ameira. “Awalnya dulu sebagai customer, karena sudah nyaman dengan produknya, maka saat pembukaan RCA oleh pusat saya langsung daftar aja. Waktu itu belum ada keagenan. Di awal 2019 baru dibuka keagenan dan saya menjadi agen Depok untuk Ameira. Sudah jadi RCA, saya ingin menambah item jualan maka pada bulan Oktober 2018, juga mendaftarkan diri sebagai agen Ahzarayy yang memproduksi koko couple, saat ini juga terdaftar sebagai superagen Ahzarayy Depok, do'akan ya semoga bisa di ACC saat ada lowongan distributor-nya, aamiin. Lalu, Juli 2019 kemarin saya juga mendaftarkan diri sebagai Distributor Valdya Depok, untuk melengkapi koleksi jualan, karena Valdya ini mengusung tema gamis couple. Valdya ini brand sisternya Ahzarayy. Kalau Ahzarayy koko couple, Valdya gamis couplenya. Jadi bisa famset deh hehehe,” jelasnya.

Pada awalnya, Emak yang hobi membaca dan memasak ini sudah punya reseller dan marketer, tapi sayangnya omzet masih biasa. Ternyata, memang ia tidak pernah sama sekali membuat status di WA, tidak pernah membaca status teman-teman. Namun, setelah ikut BOW dan wajib membuat status, me-reply status teman sekelompok, dan database,  maka mau gak mau dilakukannya. Ia menambahkan, “ Dan ternyata feedback-nya luar biasa. Hihihi. Padahal ini no baru saya kan database-nya baru 200-300-an, karena nomor yang dulu sudah ribuan tapi hangus gara-gara lupa ngisi ulang dan sudah expired. Selain itu, saya juga nambah teman baru, karena suka sksd dan balasin status, hihihi. Tentunya, nambah closingan juga. Alhamdulillaah.” 

Setelah ikut BOW, Emak dari 4 anak mengaku mengalami banyak perubahan. Antara lain jumlah database meningkat karena rajin simpan nomor kontak baru, hingga berubah cara pandangnya. “Dulu WA hanya untuk balasin chat aja, tapi sekarang bisa juga closing dr WA,” akunya. Selain itu, ia jadi konsisten membuat status WA dan reply status database. Baginya, ada yang khas dari BOW, yaitu, “Kekeluargaannya, saling membantu, saling support, berbagi ilmu yang bermanfaat untuk saya pribadi.”

Sebelum menutup wawancara, ia juga berbagi tips menghadapi rasa malah berbisnis, yaitu:
“Kalau ditanya kenapa berbisnis.. Jawabannya karena untuk mengisi waktu luang dan mencari peluang hihihi. Prioritas utama tetap keluarga dan sebagai hamba Allah. Bisnis hanya sampingan yang dikerjakan atas izin serta ridho suami dan in syaa Allah diberkahi olehNya, aamiin. Repot sih pasti karena mengurus anak sendiri, mengurus rumah, dan bisnis. Tapi segalanya kita niatkan ibadah saja, in syaa Allah yang kita lakukan walaupun capek akan ada balasannya. Tetap akhirat tujuan utamanya dan tidak terlalu mengejar dunia. Jika rasa lelah itu hadir dalam berbisnis, maka saya akan ingat kembali apa “strong why saya”. Itu yang menjadikan landasan saya untuk bangkit lagi. Bismillaah. Innallaha ma ana. Sesungguhnya Allah bersamaku. Saya ingat terus janji Allah bahwa Allah tidak membebani seseorang di luar kesanggupannya (QS.Al-Baqoroh: 286). Allah juga berjanji, Bhawa sesungguhnya setiap kesulitan ada kemudahan (QS.Al-Insyiroh: 5-6). Jadi saya selalu bangkit lagi setelah mengingat strong why saya dan janji Allah pada hambaNya.”

Bagi yang ingin order, silahkan hubungi:
WA: 081586079792
FB: Wina Virtiani
FP: Asma Gallery
IG: valdya_depok, ahzarayy_depok, ameira_depok



No comments:

Post a Comment

Adbox