Omzet Naik hingga 800% Setelah Punya Kebiasaan Baru


Sebenarnya, Siti Romlah sudah mulai berbisnis sejak tahun 2009 meski berawal dari iseng membuat bros saja. Bisnis tersebut sempat berhenti karena sepi pembeli. Namun, setelah memiliki kebiasaan baru yang diketahuinya ketika ikut BOW, ia tidak hanya bisa membangunkan kembali bisnis yang mati suri tersebut, tapi juga menaikkan omzet hingga 800%. Penasaran, kan, apa sih kebiasaan baru itu?

Pertama kali berbisnis, Emak kelahiran Jember ini hanya menggunakan modal 200ribu untuk membeli bahan membuat bros dan bisa meraup omzet mencapai 800ribuan, meski hanya dijual secara offline saja karena memang internet tidak masuk ke pesantren. Setelah keluar dari pesantren, ia mencoba menjual bros secara online tapi merasa susah dan hanya beberapa saja yang beli serta persaingan antar penjual bros juga banyak. 

Kondisi tersebut membuat Emak yang ulang tahun pada tanggal 30 Juli ini putar haluan. Tepatnya di tahun 2017 ia memutuskan bergabung menjadi reseller Daffi Hijab, tapi ternyata penjualan susah karena ia tidak punya target market. Tahun berikutnya, ia bergabung di Macora Skincare, dan mulai ikut kelas-kelas online agar bisa mengoptimalkan penjualan lewat medsos. “Dari situ saya mulai menentukan target market saya,” imbuhnya.

Saat itu, Emak yang hobi membuat kerajinan tangan ini mengaku jika omset tidak menentu, hingga terkadang tidak ada pembelian sama sekali, dan reseller pun tidak ada.  Promosinya juga hanya lewat facebook dan pakai hardselling. “Langsung promo-promo di FB. Karena memang nggak semua orang suka dipromosiin, yang like dan komentar pun sedikit. “Pada akhirnya di bulan Juni bergabung dengan kelas online BOW. Alhamdulillah respons sungguh luar biasa. Dari situ saya hidupkan kembali hobi buat bros handmade. Bisnis saya yang sempat terhambat saya hidupkan kembali. Untuk optimasi WA saya lakukan ketika ikutan BOW ini,” sambungnya.

Emak dari 2 puteri ini pun mengelola bisnis bros handmade, reseller Macora Skincare, reseller Daffi Hijab, produk olahan ikan homemade. Ia pun menambahkan, “Banyak yang saya dapatkan di BOW. Salah satunya konsistensi. Kenapa karena kita di BOW dituntut untuk konsisten. Di BOW dapat ilmu juga. Bagaimana menggaet calon customer. Banyak teman yang hebat. Perubahan setelah ikut BOW adalah konsisten tetap dilakukan dan lebih semangat nyetatus di WA. Selain itu, nambah target market kita. Dan alhamdulillah sudah ada 5 reseller yang bergabung di Macora skincare.  Sedangkan yang berkesan di BOW adalah ketika sharing di grup dan grup orang. Sungguh tantangan bagi saya karena memang tidak pernah sama sekali melakukan sharing seputar bisnis.” 

Sebelum menutup wawancara, ia juga berbagi tips bagaimana menghadapi ketika masa malas berbisnis itu datang. Jawabannya adalah, mencari suasana baru agar bisa semangat berbisnis meletup kembali.

Bagi yang ingin memesan produk bros handmade, reseller Macora Skincare, reseller Daffi Hijab, produk olahan ikan homemade, silahkan hubungi:
Ig: macora_skincare_jember



No comments:

Post a Comment

Adbox