Sebenarnya, Siti
Romlah sudah mulai berbisnis sejak tahun 2009 meski berawal dari iseng membuat
bros saja. Bisnis tersebut sempat berhenti karena sepi pembeli. Namun, setelah
memiliki kebiasaan baru yang diketahuinya ketika ikut BOW, ia tidak hanya bisa
membangunkan kembali bisnis yang mati suri tersebut, tapi juga menaikkan omzet
hingga 800%. Penasaran, kan, apa sih kebiasaan baru itu?
Pertama kali
berbisnis, Emak kelahiran Jember ini hanya menggunakan modal 200ribu untuk membeli
bahan membuat bros dan bisa meraup omzet mencapai 800ribuan, meski
hanya dijual secara offline saja karena memang internet tidak masuk ke
pesantren. Setelah keluar dari pesantren, ia mencoba menjual bros secara
online tapi merasa susah dan hanya beberapa saja yang beli serta persaingan
antar penjual bros juga banyak.
Kondisi
tersebut membuat Emak yang ulang tahun pada tanggal 30 Juli ini putar haluan.
Tepatnya di tahun 2017 ia memutuskan bergabung menjadi reseller Daffi Hijab, tapi
ternyata penjualan susah karena ia tidak punya target market. Tahun berikutnya,
ia bergabung di Macora Skincare, dan mulai ikut kelas-kelas online agar bisa mengoptimalkan
penjualan lewat medsos. “Dari situ saya mulai menentukan target market saya,”
imbuhnya.
Saat itu,
Emak yang hobi membuat kerajinan tangan ini mengaku jika omset tidak menentu,
hingga terkadang tidak ada pembelian sama sekali, dan reseller pun tidak
ada. Promosinya juga hanya lewat
facebook dan pakai hardselling. “Langsung promo-promo di FB. Karena memang nggak
semua orang suka dipromosiin, yang like dan komentar pun sedikit. “Pada
akhirnya di bulan Juni bergabung dengan kelas online BOW. Alhamdulillah respons
sungguh luar biasa. Dari situ saya hidupkan kembali hobi buat bros
handmade. Bisnis saya yang sempat terhambat saya hidupkan kembali. Untuk
optimasi WA saya lakukan ketika ikutan BOW ini,” sambungnya.
Emak dari 2 puteri
ini pun mengelola bisnis bros handmade, reseller Macora Skincare, reseller
Daffi Hijab, produk olahan ikan homemade. Ia pun menambahkan, “Banyak yang saya
dapatkan di BOW. Salah satunya konsistensi. Kenapa karena kita di BOW
dituntut untuk konsisten. Di BOW dapat ilmu juga. Bagaimana menggaet calon
customer. Banyak teman yang hebat. Perubahan setelah ikut BOW adalah konsisten
tetap dilakukan dan lebih semangat nyetatus di WA. Selain itu, nambah target
market kita. Dan alhamdulillah sudah ada 5 reseller yang bergabung di Macora
skincare. Sedangkan yang berkesan di BOW adalah ketika sharing di grup dan grup
orang. Sungguh tantangan bagi saya karena memang tidak pernah sama sekali
melakukan sharing seputar bisnis.”
Sebelum
menutup wawancara, ia juga berbagi tips bagaimana menghadapi ketika masa malas
berbisnis itu datang. Jawabannya adalah, mencari suasana baru agar bisa
semangat berbisnis meletup kembali.
Bagi yang
ingin memesan produk bros handmade, reseller Macora Skincare, reseller Daffi
Hijab, produk olahan ikan homemade, silahkan hubungi:
Ig: macora_skincare_jember
No comments:
Post a Comment